CSS/C++ Pemrograman Dasar Pengetahuan

10 Aplikasi Text Editor Bahasa Pemrograman C++

Ternyata selain di Notepad, Ada beberapa Aplikasi – aplikasi yang dapat menjadi text editor dan menjalankan program bahasa pemrograman C++.

Bahasa C++ memiliki banyak aplikasi – aplikasi untuk menjalankan program bahasa tersebut. Berikut ini adalah 10 aplikasi – aplikasi lainnya yang bisa dipakai untuk menjalankan program bahasa C++.

1 ) CodeBlocks

*gambar diambil dari sumber lain.

Untuk men – run atau menjalankan program dari kode bahasa C++ yang kamu buat,kamu perlu menginstall suatu aplikasi yang bisa menjalankannya. CodeBlocks termasuk IDE ( Integrated Development Environment ) yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi berdasarkan bahasa pemrograman tertentu. Dimana IDE bersifat open source atau tidak berbayar alias gratis. CodeBlocks yang sering digunakan adalah versi 16.01.

2 ) Dev C++

*diambil dari berbagai sumber:)

Termasuk IDE seperti CodeBlocks. Dev C++ sendiri telah dilengkapi dengan IDM GCC Compiler C bagian dari GNU Compiler Collection. Didistribusikan dibawah lisensi GNU General Publik License untuk pemrograman C/C++ dengan gratis dan full featur.

3 ) Borland C++

*diambil dari berbagai sumber

Perangkat lunak inin berfungsi untuk menyusun aplikasi yang berdasarkan pada bahasa pemrograman C/C++ dan bekerja dalam lingkungan sistem operasai windows. Memiliki keunggulannya sendiri yaitu bahasa pemrogramannya terletak pada produktivitas, kualitas, pengembangan perangkat lunak, kecepatan kompilasi, dan program terstrukruktur. Dikhususkan untuk pemrograman database karena dapat dihubungkan dengan Notepad.

4 ) Atom

*gambar diambil dari sumber lain

Pengguna Mackbook Air banyak yang menggunakan text editor ini. Namun juga bisa di windows. Kamu akan merasakan banyak fitur yang mungkin mirip dengan sublime text, tetapi fitur pada atom text editor lebih lengkap dan nyaman untuk digunakan. Perangkat lunak ini buatan Github, sebuah perusahaan layanan clud computing untuk open source menggunakan Git.

5 ) Microsoft Visual C++

*gambar diambil dari sumber lain

Windows memiliki bahasa pemrogramannya sendiri, yaitu Visual C++, Visual J++, dan Visual Basic. Tetapi paling banyak digunakan adalah yang C++. Microsoft Visual C++ termasuk Integrated Development Environment (IDE) untuk bahasa C dan C++ yang dikembangkan oleh microsoft. Merupakan bagian dari Microsoft Visual Studio. Aplikasi ini lebih dipilih programmer membuat berbagai aplikasi untuk membuat berbagai aplikasi dekstop maupun antivirus karena lebih unggul daripada Microsoft Visual Basic.

6 ) Neatbeans

*gambar diambil dari sumber lain

NetBeans merupakan sebuah open source pengembangan lingkungan terpadu untuk mengembangkan menggunakan bahasa C++, PHP, dan C++. Dia menggunakan komponen yang disebut modul untuk memungkinkan pengembangan perangkat lunak. Kemudian Konfigurasi C++ di NetBeans menggunakan MinGW atau Cygwin.

7 ) Sublime Text

*gambar diambil dari sumber lain

Sebuah text editor yang bisa digunakan untuk C++ dan sangat canggih untuk coding, mark up, dan lain – lain. Sublime text merupakan aplikasi code editor yang dapat berjalan diberbagai platform operating system dengan menggunakan teknologi Phyton API. Bukan aplikasi open source tetapi dapat didapatkan secara gratis karena beberapa fitur pengembangan memiliki lisensi aplikasi gratis. Yaa yang namanya gratisan pasti ada kurangnya, coba aja yang berbayar mungkin lebih mantap daripada yang gratis. Dikutip dari salah satu sumber, Harga untuk yang berbayar hanya $70.

8 ) CppDroid

*gambar diambil dari sumber lain

Sekarang kamu bisa menulis kode C++ dan menjalankannya di smartphonemu, sebab ada aplikasi yang mendukung untuk hal tersebut. Aplikasi ini adalah CppDroid. Kamu bisa menemukannya di play store dan ini gratis. Cara menulis kode di aplikasi ini pun juga mudah. Kamu yang suka coding wajib coba nih.

9 ) Vim

*gambar diambil dari sumber lain

Mungkin ini agak kuno tetapi termasuk text editor untuk C++. Vim adalah singkatan dari Vi improved. Pertama kali text editor ini dirilis pada tahun 1970. Dia meniru aplikasi bernama Vi (pendahulunya) dengan menambah fitur – fitur baru.

10 ) Notepad++

*gambar diambil dari sumber lain

Notepad++ merupakan aplikasi pengembang untuk mengedit teks kode pemrograman. Bisa didapatkan secara gratis, jadi kamu bisa mendapatkannya tanpa bayar. Notepad++ mampu mengenal kode dan tag disemua bahasa pemrograman termasuk C++.

Berikut program – program yang bisa dibuat menggunakan bahasa pemrograman C++.

*diambil dari berbagai sumber

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

No Comments

    Leave a Reply