The Daily Journal

10 Jenis Gangguan Kepribadian

10 Jenis Gangguan Kepribadian ? Apa saja gangguan kepribadian itu? Seperti apa 10 jenis gangguan kepribadian ? Apa itu gangguan kepribadian?

Gangguan kepribadian adalah gangguan yang terjadi pada pribadi seseorang. Sehingga kepribadian orang yang terkena gangguan kepribadian beda dari orang pada umumnya. Namun ada beberapa gangguan kepribadian yang sudah mendarah daging.

Baca juga : Kehidupan Lovely

Ternyata gangguan kejiwaan/kepribadian bukan hanya gila ataupun stres tapi masih banyak yang lain. Kalian hati hati loh guys, jauhi sikap sikap yang mengarah kegangguan jiwa.

10 Gangguan Kepribadian :

1. Paranoid

Ciri-ciri : Selalu curiga dan tidak percaya pada orang lain bahkan teman, keluarga, dan pasangannya sendiri.

2. Skizoid

Ciri-ciri : Suka menyendiri, tak ingin berhubungan sosial dan seksual, tak peduli pada orang lain, dan tak memiliki respons emosional.

3. Skizotipal

Ciri-ciri : Orang dengan gangguan kepribadian jenis takut pada interaksi sosial dan menganggap orang lain berbahaya.

4. Antisosial

Ciri- ciri : Sering mengabaikan peraturan dan kewajiban sosial, mudah tersinggung, agresif, bertindak impulsif, dan tidak memiliki rasa bersalah.

5. Ambang ( Borderline)

Ciri-ciri : Emosi tidak stabil, mudah marah, impulsif, mengalami perasaan hampa, suka menyakiti diri sendiri, dan berisiko tinggi bunuh diri.

6. Histrionik

Ciri-ciri: Tak memiliki rasa harga diri, sering menarik perhatian dan mendramatisasi atau memainkan peran agar didengar dan dilihat.

7. Narsistik

Ciri-ciri : Memiliki perasaan ekstrem mengenai kepentingan  diri sendiri, tidak memiliki empati, serta siap berbohong dan megekspoitasi orang lain demi mencapai tujuannya.

8. Dependen

Ciri-ciri : Kurang percaya diri dan butuh banyak bantan dalam membuat keputusan sehari-hari dan menyerahkan keputusan hidup yang penting kepada orang lain.

9. Menghindar (avoidant) :

Ciri-ciri : Percaya bahwa dirinya tidak kompeten, tidak menarik, inferior, dan terus menerus dipermalukan, dikritik, atau ditolak.

10. Anankastik

Ciri-ciri: Teliti berlebihanpada rincian, aturan, daftar, urutan, organisasi, atau jadwal termauk kategori perfectsionis ekstrem.

itu dia 10 gangguan kepribadian, sampai disini dulu, terimakasih, semoga bermanfaat.

Kunjungi github josikie disini.

*dari berbagai sumber

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *