10 Jenis Gangguan Kepribadian

By | October 10, 2018

Ternyata gangguan kejiwaan/kepribadian bukan hanya gila aaupun stres tapi masih banyak yang lain. Kalian hati hati loh guys, jauhi sikap sikap yang mengarah kegangguan jiwa.

10 Gangguan Kepribadian :

  1. Paranoid

Ciri-ciri : Selalu curiga dan tidak percaya pada orang lain bahkan teman, keluarga, dan pasangannya sendiri.

2. Skizoid

Ciri-ciri : Suka menyendiri, tak ingin berhubungan sosial dan seksual, tak peduli pada orang lain, dan tak memiliki respons emosional.

3. Skizotipal

Ciri-ciri : Orang dengan gangguan kepribadian jenis takut                   pada interaksi sosial dan menganggap orang lain berbahaya.

4. Antisosial

Ciri- ciri : Sering mengabaikan peraturan dan kewajiban sosial, mudah tersinggung, agresif, bertindak impulsif, dan tidak memiliki rasa bersalah.

5. Ambang ( Borderline)

Ciri-ciri : Emosi tidak stabil, mudah marah, impulsif,      mengalami perasaan hampa, suka menyakiti diri sendiri, dan berisiko tinggi bunuh diri.

6. Histrionik

Ciri-ciri: Tak memiliki rasa harga diri, sering menarik    perhatian dan mendramatisasi atau memainkan peran agar didengar dan dilihat.

7. Narsistik

Ciri-ciri : Memiliki perasaan ekstrem mengenai kepentingan  diri sendiri, tidak memiliki empati, serta siap berbohong dan megekspoitasi orang lain demi mencapai tujuannya.

8. Dependen

Ciri-ciri : Kurang percaya diri dan butuh banyak bantan dalam membuat keputusan sehari-hari dan menyerahkan keputusan hidup yang penting kepada orang lain.

9. Menghindar (avoidant) :

Ciri-ciri : Percaya bahwa dirinya tidak kompeten, tidak   menarik, inferior, dan terus menerus dipermalukan, dikritik, atau ditolak.

10. Anankastik

Ciri-ciri: Teliti berlebihanpada rincian, aturan, daftar, urutan, organisasi, atau jadwal termauk kategori perfectsionis ekstrem.

itu dia 10 gangguan kepribadian, sampai disini dulu,      terimakasih, semoga bermanfaat.

*dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *