5 Framework PHP Terpopuler Tahun 2021

5 Framework PHP Terpopuler Tahun 2021? Apa saja 5 Framework PHP Terpopuler Tahun 2021? Kenapa bisa menjadi framework PHP yang terfavorit?

PHP adalah bahasa pemrograman yang dapat dipakai untuk membuat website. Banyak developer di Indonesia yang menggunakan bahasa pemrograman ini untuk membuat website. Setiap bahasa pemrograman masing – masing memiliki banyak framework yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan membuat program, termasuk bahasa pemrograman PHP. Terkenal untuk dipakai membuat website, beberapa framework keren dan populer muncul.

Baca juga :
Sejarah Terlahirnya Framework CodeIgniter
Sejarah Terlahirnya Framework Ajaib Laravel

Apa itu framework? Framework adalah sebuah program yang memudahkan developer untuk mengembangkan dan memelihara sebuah program aplikasi seperti website atau aplikasi mobile phone. Framework banyak disukai karena kemampuannya yang ajaib membuat pengembangan program menjadi lebih cepat. Ada beberapa framework untuk bahasa pemrograman PHP yang banyak disukai oleh developer di Indonesia. Framework terkenal dengan kecepatan, stabil, dan mudah untuk diatur. Berikut ini framework – framework tersebut :

1) Laravel

laravel

Kemampuan framework Laravel beragam dan sangat memudahkan programmer. Kita dapat membuat website dengan cepat. Bahasa pemrograman PHP yang digunakan berorientasi obyek yang tentunya sudah mengikuti kemajuan zaman. Selain website, programmer juga dapat membuat REST API menggunakan Laravel. Beberapa fitur menakjubkan Laravel adalah route, auth, livewire, dan masih banyak lainnya. Pada saat ini, Laravel versi terbaru adalah Laravel 8. Kita dapat menggunakan Tailwind CSS atau Bootstrap untuk mempercantik template website di Laravel 8. Silahkan kunjungi disini untuk melihat dokumentasi lengkap Laravel 8.

2) CodeIgniter

codeigniter

CodeIgniter cocok digunakan untuk programmer PHP yang mau belajar MVC (Model, View, Controller). Disarankan belajar CodeIgniter terlebih dahulu sebelum Laravel sebagai pengenalan atau untuk membuat program. Kinerja dan kecepatan CodeIgniter patut diacungi jempol. Framework ini  memiliki banyak library dengan banyak video tutorial, user guide, dan support page. Pada saat artikel ini ditulis, CodeIgniter terbaru adalah versi 4. Pada versi ini, kita tidak usah mengonfigurasi banyak hal hanya untuk terhubung ke htdocs dan xampp. Silahkan klik disini untuk melihat dokumentasi CodeIgniter.

3) CakePHP

cakephp

CakePHP adalah salah satu framework PHP yang dapat diandalkan. Dengan framework ini, kita dapat mengembangkan dan menciptakan banyak jenis web, mulai dari yang sederhana sampai yang sangat kompleks. Sama seperti CodeIgniter dan Laravel, framework ini menganut MVC (Model, View, Controller). Fiturnya juga banyak dan sangat berguna. Fitur – fitur utamanya adalah code generation, Scaffolding, dan conventions. Dengan MVC, strukturnya sederhana. CakePHP dapat terintegrasi dengan MySQL, SQLite, Microsoft SQL Server, dan PostgreSQL. Selain itu, framework ini memiliki fitur keamanan. Silahkan klik disini untuk melihat dokumentasi framework CakePHP.

4) Lumen

lumen

Lumen disebut – sebut sebagai adik dari framework Laravel. Framework satu ini sangat baik karena dapat mengadakan microservices serta API yang cepat. Lumen adalah micro framework untuk membuat REST API. Banyak library di Laravel yang dihapus dari bundle source code. Framework ini mewujudkan kebutuhan pengembang untuk emmebuat aplikasi dengan skala lebih kecil dari Laravel. Sama seperti Laravel, Lumen menggunakan composer untuk pengelolaan dependency. Lumen dibuat khusus untuk web API. Silahkan klik disini untuk melihat dokumentasi Lumen.

5) Symfony

symfony

Jika kamu sudah sangat hebat dan memiliki pengetahuan tentang pembuatan aplikasi, silahkan gunakan framework ini. Framework ini dapat digunakan untuk menciptakan website atau aplikasi yang berlevel korporat. Framework satu ini sudah dirilis sejak tahun 2005 oleh Fabien Potencier. PHP versi  5 adalah yang digunakan untum membuat framework ini.  Sebagai framework yang populer, Symfony terdiri dari komponen – komponen  yang membuat framework ini berperforma dengan baik. Silahkan klik disini untuk melihat dokumentasi lengkap dan resmi framework Symfony.

Baca juga : Hidup Lebih Bahagia Dengan Ikigai

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)