The Daily Journal

Apa Arti Dari HTTP?

Apa Arti Dari HTTP? Seperti apa arti dari HTTP? Untuk apa HTTP digunakan?

Kamu pasti sering melihat http di bagian paling depan url atau link sebuah website. Yang mana website tersebut diakses melalui browser seperti Chrome, Mozilla, Safari, dan lainnya. Namun seiring perkembangan zaman, http mulau diganti dengan https karena https lebih aman, https lebih aman karena mengandung ssl. Sebenarnya kenapa sih url atau link kok ada http atau https nya?

Baca juga :
Tutorial Membuat Form HTML
Berkenalan Dengan Free TON Blockchain

Http adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, sedangkan https adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Hypertext Transfer Protocol merupakan protokol yang berfungsi untuk mengirimkan data dari web server ke website agar bisa menampilkan halaman website secara online. Sedangkan https merupakan http yang mengandung SSL/TSL untuk keamanan dan kevalidan website. Cara kerjanya yang pertama browser akan melakukan validasi dari sertifikat SSL pada website yang menggunakan https pada url websitenya, kemudian jika website benar benar valid akan terjadi enkripsi dan dekripsi pada public key maupun private key. Jika sertifikat SSL valid maka web browser dan web server akan membuat session key, baru kan sebuah website memiliki gembok hijau yang berarti aman dan https dibagian depan urlnya.

Http diciptakan pada tahun 1990 dan digunakan untuk World Wide Web. Sampai sekarang, ada dua versi major http yaitu, HTTP/1.0 dan HTTP/1.1 yang lebih cepat daripada HTTP/1.0 karena tidak perlu membuat koneksi berulang. Hal yang biasanya diakses menggunakan http atau https diidentifikasi oleh Uniform Resources Locator (URL). Dibandingkan dengan http, https memiliki lebih banyak manfaat yaitu, rangking SEO website, dan keamanan bagi pengguna website yang mengakses website. Untuk berkomunikasi dengan web server dari web browser menggunakan http, diperlukan kode – kode komunikasi tertentu yang bisa disebut metode permintaan. Kode komunikasi tersebut diantaranya PUT, DELETE, POST, HEAD, TRACE, OPTION, CONNECT.

Rangking SEO website sangat penting untuk kemajuan website. Website yang SEO nya bagus, maka akan gampang terkenal dan mudah diakses pengguna internet. Pengguna tentunya tidak senang jika di website kita muncul “not secure” karena sangat menakutkan. Pengguna bisa saja ketakutan lalu pindah dari website kita dan berhenti mengunjungi website kita.

Baca juga : Siapa Itu Hal Finney? Hal Finney dan Perannya Untuk Bitcoin

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)