Josi Kie

Apa Itu Algoritma? Algoritma dan Contohnya

Apa Itu Algoritma? Algoritma dan Contohnya

Apa itu algoritma ? Apa kegunaan dari algoritma? Seperti apakah algoritma itu? Setiap perhitungan matematika tidak jauh dari algoritma. Algoritma adalah suatu proses yang mana proses tersebut mengandung logika yang akan menyelesaikan sebuah masalah atau menghasilkan sebuah hasil.

Bahasa pemrograman telah banyak tercipta di Dunia. Perkembangan teknologi yang begitu cepat melesat, membuat banyak bahasa pemrograman baru bermunculan. Java termasuk bahasa pemrograman yang sudah lama ada.

Namun seiring perkembangan jaman, bahasa ini malah semakin populer dan semakin banyak digunakan karena kelebihan – kelebihannya yang mempermudah pemrograman dan developer untuk merancang, membuat, dan mengembangkan program aplikasi berbasis Java. Bahasa ini merupakan salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek atau objected oriented programming.

Baca juga : Pernah Menangis? Mari Ketahui Kandungan Air Matamu

Dikutip dari Wikipedia, Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer dan telepon genggam. Bahasa pemrograman Java mengaplikasikan WORA yaitu write once run anywhere, Tulis sekali jalankan dimana saja. Ini alasan mengapa bahasa pemrograman Java banyak disukai dan digemari oleh developer dan programmer.

Java merupakan bahasa tingkat tinggi yang dapat Multi-platform, sangat sederhana, dan dijamin aman. Maksud dari multi-platform adalah program aplikasi berbasis Java dapat dijalankan di berbagai platform seperti smartphone, web, maupun dekstop. Bahasa ini dirancang sederhana agar dapat dengan mudah dipelajari. Kenapa bahasa ini aman? Karena program hasil aplikasi Java tidak akan merujuk pada hal lainnya, alias hanya yang direncanakan saja sehingga tidak menggangu privasi user tanpa diizinkan.

Selain sifatnya yang multi-platform, Java juga multi-threading. Dimana bahasa ini dapat menyuruh program aplikasi melakukan lebih dari satu tugas dalam waktu yang sama. Fasilitas dari bahasa pemrograman Java bisa dibilang cukup lengkap dengan garbage collection Dan library nya.

Dengan menggunakan bahasa Java developer atau pemrogram dapat memakai GUI (Grafical User Interface). Dimana program berbasis Java dapat memiliki tampilan antarmuka berbasis grafis. Tentunya hal ini membuat Java semakin menarik untuk digunakan. Selain mendukung GUI (Grafika User Interface), Java juga dapat digunakan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi basis data menggunakan MySQL.

Bahasa Java hanya fokus pada objek. Oleh karena itu, program hasil koding dapat saling komunikasi dalam kelompoknya. Pengikisan hanya pada objek akan lebih memudahkan untuk membuat, menyusun, dan membangun program.

Baca juga : YouTuber YouTuber Kelas Kakap Paling Populer di Indonesia Tahun 2019

*diambil dari berbagai sumber

Sekian, terimakasih:)