The Daily Journal

Apa itu Control Management System (CMS)?

Apa itu Control Management System (CMS)? Seperti Apa itu Control Management System (CMS)? Apa saja kegunaan CMS?

Tahukah kamu? Kita bisa memiliki sebuah website atau banyak website tanpa harus koding loh. Emangnya bisa? Bagaimana caranya? Oh ya tentu bisa dong. Caranya adalah membuat website menggunakan Control Management System atau yang biasa disebut dengan CMS. CMS sangat memudahkan bagi yang tidak memiliki background programming tapi ingin membuat website. Apalagi yang sudah memiliki background programming, tentu merasa lebih mudah menggunakan CMS. Membuat website dengan CMS bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Bahkan beberapa gratis walaupun nama domain harus ditambah nama CMS dan penyimpanan yang terbatas. Sekarang lagi trendnya pakai CMS tapi nama domain dan hosting (tempat penyimpanan) beli sendiri. Jika beli sendiri, nama domain bisa sesuka kita dan hosting pun besarnya bisa sesuka kita.

Baca juga :
Kehidupan Shakespeare (Penulis Drama Bahasa Inggris Terbaik di Dunia)
View dan ViewGroup Pada Desain XML Aplikasi Android

Selain untuk membuat website dengan cepat dan mudah, CMS juga dapat kita gunakan untuk mengontrol dan manajemen Web atau konten didalam Web. Jadi tata letak, tema Web, plugin, dan lain – lainnya bisa diatur di CMS dengan mudah. Untuk memasang tema dan plugin yang diinginkan, kita hanya perlu install tema dan plugin yang diinginkan selama tema dan plugin tersebut tersedia seperti di WordPress.

Melalui CMS, kita dapat upload konten seperti konten artikel dan download ke Web kita. Kita juga dapat update konten dan menghapus konten melalui CMS. Berbagai kemudahan ditawarkan oleh CMS. CMS yang sekarang sedang terkenal adalah WordPress. WordPress adalah salah satu CMS yang paling banyak digunakan dan open source. Jika kamu terburu – buru membutuhkan website, CMS adalah solusinya. Karena ngoding memerlukan waktu yang lumayan lama apalagi kalau untuk kebutuhan perusahaan.

Selain kecepatan dan kemudahan, CMS juga dapat membuat sebuah website bisa memiliki banyak admin. Jadi bisa ditambahkan beberapa admin untuk satu website. Karena satu website besar tidak mungkin hanya dikelola oleh satu admin. Desain tema yang berbagai macam dan tinggal install sangat memudahkan bagi kita. Proses maintenance juga cukup mudah. Beberapa hal yang membutuhkan maintenance pada CMS biasanya plugin dan tema yang meminta untuk diupdate atau perubahan tata letak dan tema. Hingga saat ini, sudah ada banyak CMS diseluruh dunia. Contohnya WordPress, Joomla, Drupal, Aura CMS, Prestashop, Blogger, Hubspot, Squarespace, Wix, dan lainnya. Beberapa CMS adalah CMS yang open source. Juga ada beberapa CMS yang berbayar.

Baca juga : Cara Merubah Ikon Launcher / Ikon Avatar Pada Aplikasi Android

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)