The Daily Journal

Apa itu Intent ? Yuk Berkenalan Dengan Intent

Apa itu Intent ? Digunakan untuk apa? Seperti apa jenis – jenisnya?

Menurut developer.android.com, Intent adalah objek perpesanan yang bisa anda gunakan untuk meminta tindakan dari komponen aplikasi. Seperti berpindah activity, berpindah activity dengan membawa data, membuka aplikasi foto dari aplikasi lain, melempar permintaan pada aplikasi lain, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Cara Berpindah Activity Menggunakan Intent Pada Android Studio (++ Tutorial)

Intent adalah objek yang mampu mengirim pesan. Perangkat Android memiliki komponen-komponen yang terisolasi satu sama lain. Jalan satu-satunya agar antarkomponen dapat berkomunikasi adalah Intent. oleh karena itu dibutuhkan internet untuk komponen-komponen agar dapat saling berkomunikasi satu sama lain.

Ada tiga pekerjaan yang sering dilakukan oleh objek Intent, yaitu memulai aktivitas, memulai layanan, dan mengirimkan siaran. Tentunya Intent sangat penting untuk kelancaran penggunaan aplikasi. Secara umum Intent memiliki dua tipe, yaitu Intent eksplisit dan Intent implisit.

Apa itu Intent Eksplisit? Intent eksplisit adalah Intent yang memiliki tugas untuk memulai fungsi aplikasi yang sedang dipakai seperti pindah Activity, dan layanan download. Contoh penggunaan Intent eksplisit pada aplikasi adalah ketika kamu sedang menggunakan aplikasi Messages lalu kamu men-klik salah satu pesan yang belum terbaca. Berikut illustrasinya :

Sedangkan Intent implisit adalah Intent yang memiliki tugas untuk memaksimalkan kerja suatu aplikasi dengan memanggil komponen aplikasi lain untuk dijadikan fungsi. Seperti memanggil aplikasi kamera untuk aplikasi lain, mengakses email melalui aplikasi yang sedang dipakai dengan memanggil aplikasi email, memanggil app web browser, dan lainnya. Contoh penggunaan Intent implisit adalah ketika kamu menggunakan aplikasi email dan akan mengakses URL untuk dicari. Email akan memanggil aplikasi web browser yang siap menangkap tugas mengakses URL. Berikut gambar illustrasinya menggunakan aplikasi Quake Report :

Berikut ini contoh kode penggunaan Intent Eksplisit :

Berikut ini contoh kode penggunaan Intent Implisit :

Baca juga : Tips Melangsingkan Badan Tanpa Obat

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)