Pengetahuan umum

Apa itu Kaktus Peniti (Mammillaria bocasana)?

Kaktus Peniti merupakan salah satu jenis kaktus yang mempunyai bentuk bulat sampai bulat panjang (silindris).
Kaktus Peniti

Apa itu Kaktus peniti? Seperti apakah dirinya? Dia memiliki batang yang berwarna hijau tua atau hijau gelap dengan garis tengahnya berukuran kurang lebih 4 cm. Keseluruhan bagian tanaman ini ditutupi oleh semacam bulu yang menyerupai sutera dan berwarna putih dengan ukuran panjang sampai 2,5 cm. Selain bulu – bulu tadi, pada batangnya juga dapat kita lihat adanya duri –duri yang berwarna kekuning – kuningan dan membengkak dengan ukuran panjang kurang lebih 1,5 cm. Duri tersebut tertancap secarta memancar. Duri di bagian tengah berukuran lebih panjang dan lebih kuat.

Tanaman ini tumbuh menyendiri, tetapi kadang – kadang tumbuh berkelompok membentuk suatu kesatuan dengan banyak sekali batang – batang berbentuk bulat. Batang dari kaktus ini mengandung cairan berupa getah yang berwarna beniong atau kadang – kadang agak menyerupai susu.

Bunganya tumbuh tidak jauh dari bagian pusat batang sebelah atas. Garis tengahnya kurang lebih 2,5 cm. Warna bunganya putih agak kekuning – kuningan dengan garis – garis merah muda. Buahnya berbentuk agak memanjang dan agak licin serta berdaging, berwarna merah bila telah masak dan panjangnya kurang lebih 2,5 cm. Kaktus yang berasal dari Meksiko ini dapat tumbuh dengan baik pada media berupa campuran antara humus dengan pasir. Sifat dari keluarga Cactaceae adalah dapat dan tahan hidup di tempat yang kering dan kurang mendapat air, sehingga tidak terlalu memerlukan penyiraman.

Kaktus Mammillaria bocasana ini dikenal dengan nama “Powder puff cactus”. Hal ini didasarkan pada bulu – bulu halus yang menutupi keseluruhan bagian batangnya. Nama yang umum adalah Pincushion atau Bantal Peniti. Sedangkan nama Mammillaria didasarkan atas bentuk “tubercle” (bagian yang menonjol pada batang yang menyerupai bentuk puting susu).

Sumber : Flora Indonesia kaktus, diterbitkan oleh P.T. (Persero) Gita Karya.

No Comments

    Leave a Reply