Apa Itu Kotlin? Ayo Berkenalan Dengan Kotlin

Apa itu Kotlin? Digunakan untuk apa saja bahasa pemrograman Kotlin?

Seperti yang diketahui, bahasa pemrograman digunakan untuk membangun suatu software. Baik software untuk mesin, operating system, desktop, robot, hologram, dan smartphone. Salah satu bahasa pemrograman adalah Kotlin. Bahasa ini disebut – sebut sebagai versi penyempurnaan dari bahasa pemrograman Java yang digunakan untuk pengembangan aplikasi Android.

Baca juga : Perbedaan Java dan Kotlin

Bahasa pemrograman Kotlin dikembangkan oleh JetBrains, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak. Perusahaan ini khusus mengembangkan aplikasi perangkat lunak IDE seperti Intellij IDEA, Android Studio, dan lainnya.

Kotlin adalah bahasa pemrograman modern berorientasi objek yang dapat dijalankan di atas platform Java Virtual Machine (JVM) untuk membuat aplikasi multiplatform seperti aplikasi Android. Google I/O 2017 adalah yang mengumumkan pertama kali dukungan kelas pertama untuk Kotlin pada Android. Pada saat ini sudah banyak aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman Kotlin. Beberapa developer berpendepat bahwa Kotlin nyaman digunakan karena bebas dari null pointer exception.  Tapi di dunia ini belum ada yang sempurna, tetap saja Kotlin memiliki kekurangan. Kekurangan dari Kotlin adalah durasi runtimenya yang bertambah walaupun ukurannya tetap kecil.

Kelebihan Kotlin diantaranya :

  1. Easy To Learn (Jika pengguna sudah pernah mempelajari Java, Groovy, C#, dan bahasa pemrograman lainnya yang memengaruhi Kotlin),
  2. Safe, aman dari null pointer exception,
  3. Open Source,
  4. Interoperable With Java and Android, yaitu Kotlin dapat membaca library Java dan begitupun sebaliknya,
  5. Concise, yaitu tingkat kerumitannya tidak serumit bahasa Java alias lebih tidak mudah daripada Java,
  6. Versatile, yaitu dapat mengembangkan aplikasi selain aplikasi Android. Sama seperti Java, Kotlin juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk Website.

Kotlin dapat menjadi teknologi untuk membuat aplikasi Android yang lebih baik dan lebih cepat. Menurut website Developers Android, Kotlin adalah bahasa pemrograman modern yang disajikan secara statis, dan akan meningkatkan produktivitas developer serta meningkatkan kepuasan developer. Tentunya yang paling mendukung Kotlin adalah Android Studio, karena Kotlin direncanakan untuk banyak digunakan developer untuk membuat Aplikasi Android.

Baca juga : Tutorial Sederhana Microservice Menggunakan Spring Boot

Sekarang kita telah mengetahui apa itu Kotlin, mari belajar lebih lanjut. Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)

You may also like...