Apa Itu Mixed Reality (MR)?

Apa Itu Mixed Reality (MR)?

Apa itu mixed reality (MR)? Seperti apa itu mixed reality (MR)? Bidang apa saja yang dapat dibantu oleh teknologi mixed reality (MR)?

Virtual reality (VR), Augmented reality (AR), dan Mixed reality (MR) termasuk dalam teknologi imersif. Teknologi imersif adalah teknologi yang membuat dunia nyata dan konten virtual dapat saling berhubungan. Teknologi ini mengintegrasi konten atau hal – hal virtual dengan dunia nyata. Teknologi imersif juga dapat membuat manusia bisa merasakan hidup di dunia virtual seperti merasakan hidup di dunia nyata.

Baca juga :
Apa Itu Virtual Reality (VR)?
Apa Itu Augmented Reality (AR)?
Apa Itu Collective Noun?

Apa Itu Mixed Reality (MR)?

Mixed Reality (MR) adalah teknologi imersif yang membuat manusia dapat berinteraksi dan memanipulasi konten atau benda – benda virtual yang berada di dunia nyata secara realtime. Mixed reality merupakan gabungan dari virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Mixed reality menyatukan hal – hal virtual ke dunia nyata. Hal – hal virtual tersebut diletakkan di atas dunia nyata. Beda dengan AR yang hanya bisa membuat kita melihat benda – benda virtual di atas dunia nyata, MR membuat kita dapat memanipulasi benda – benda virtual yang ada di atas dunia nyata secara langsung dan perubahannya direkam. Mixed reality (MR) adalah augmented reality (AR) versi lebih canggih.

Menggunakan AR, kita butuh paling tidak smartphone dan smart glasses (kacamata AR). Smartphone digunakan untuk melihat dan berinteraksi dengan benda virtual tersebut, sedangkan kacamata AR digunakan untuk melihat atau scan setiap benda nyata yang memiliki benda virtual di atasnya.

Mixed reality lebih canggih daripada itu. Kamu bisa memanipulasi dan berinteraksi dengan benda virtual tanpa melalui smartphone, tapi langsung menyentuh benda virtual tersebut. Jika ingin mengeksplorasi benda virtual yang ada di atas benda nyata, kamu tinggal menyentuhnya. Dan semua ini dilakukan secara real-time. Alat yang dibutuhkan umumnya adalah kacamata pintar untuk mixed reality. Yang paling bagus untuk saat ini adalah Microsoft Hololens. Harganya lumayan mahal, sekitar Rp42jt.

Contoh hasil dari mixed reality (MR) yang mungkin adalah ketika kamu menghadirkan spiderman di ruang kamarmu dan kamu bisa menyentuh hologramnya. Atau ketika dokter ingin mengoperasi pasien namun melihat bagian – bagian tubuh terlebih dahulu, mengecilkan hologram lalu menyentuh bagian dari hologram untuk menampilkan detail dari bagian tubuh tersebut. Atau ketika guru sedang mengajari murid – muridnya tentang struktur sesuatu.

Bidang – bidang yang bisa dibantu oleh teknologi Mixed Reality, diantaranya:

1. Kesehatan,

2. Hiburan dan seni,

3. Militer,

4. Pendidikan,

5. Pembangunan,

6. Dll.

Bagaimana menurutmu? Apakah mungkin di masa depan ketika perkembangan teknologi mixed reality sudah sangat maju, manusia bisa menelepon melalui smartlens sebagai hologram?

Baca juga : Dari Mana sih Orang Jawa itu? (Asal-usul orang Jawa)

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)