The Daily Journal

Apa Itu New Normal?

Apa Itu New Normal?
Apa Itu New Normal?

Apa itu new normal? Seperti apa itu new normal? Kenapa harus new normal?

Covid-19 menyerang hampir seluruh negara di dunia. Ada negara yang sudah siap karena kebiasaannya, ada juga negara yang belum siap menghadapi covid-19. Negara yang belum siap ini terpaksa untuk melakukan suatu kebiasaan baru yang mungkin belum pernah dibiasakan kepada orang banyak. Misalnya ada yang memiliki kebiasaan – kebiasaan untuk memerangi Covid-19 mungkin hanya beberapa persen orang saja. Seperti selalu menggunakan masker jika bepergian, sekolah online, bekerja online, selalu membawa hand sanitizer kemana – mana, mencuci tangan, menjaga jarak tubuh dari orang lain, kesabaran dan kedisiplinan, dan lainnya.

Baca juga :
Kinar Si Kucing Malang
Generasi Milenial dan Generasi Z, Yang Manakah Kamu?

New normal adalah keadaan dan kebiasaan yang tadinya tidak masalah tidak dilakukan, sekarang wajib dilakukan. Keadaan dan kebiasaan baru tersebut akan dilakukan dan menjadi keadaan dan kebiasaan yang normal. Wabah Covid-19 membawa banyak perubahan bagi dunia. Negara yang sudah terbiasa dengan keadaan dan kebiasaan mencuci tangan, melakukan sesuatu secara online, memakai masker saat bepergian, dan selalu menjaga kebersihan memiliki penderita Covid-19 yang jumlahnya sangat sedikit, seperti Jepang. Indonesia harus mau dan menerima kebiasaan baru ini agar angka perkembangan Covid-19 segera menurun. Yang mana kebiasaan baru ini akan menjadi hal normal di Indonesia.
New normal memaksa kita untuk terbiasa dengan teknologi dan kebersihan. Yang biasanya baru pulang ke rumah langsung tidur, sekarang harus segera mandi dan mencuci bajunya. Yang biasanya kerja diluar sekarang harus kerja dirumah. Karena new normal ini, sekalipun Covid-19 akan selesai, kebiasaan – kebiasaan baru yang terbentuk akan tetap dilaksanakan dan tidak ditinggalkan. New normal merupakan kebiasaan baru yang akan menjadi biasa saja di masa mendatang. Kita di masa sekarang harus segera membiasakan diri.

Wabah ini seperti menjadi tamparan bagi orang – orang yang jorok. Mereka harus selalu bersih dan menjaga diri. Banyak orang – orang yang memulai hidup sehat. Yang tadinya suka makan daging, sekarang memberanikan diri untuk makan sayuran setiap hari. Yang tadinya tidak suka olahraga, sekarang wajib olahraga untuk menaikkan imunitas.
Hal positif yang terjadi karena wabah ini adalah sisi kemanusiaan setiap manusia diuji. Ekonomi bisa dibilang berantakan karena kita harus tetap dirumah sementara banyak orang – orang yang harus kerja keluar. Bagaimana orang – orang yang harus kerja keluar mendapatkan uang untuk makan? Nah disinilah orang – orang yang berlebihan harta diuji kemanusiaannya. Apakah mereka peduli atau tetap egois mempertahankan hartanya. Hal positif lainnya adalah membaiknya lapisan atmosfer bumi. Kita menghasilkan polusi setiap hari dengan cara asap pabrik maupun asap kendaraan dan rokok. Sejak terjadi pandemi, beberapa pabrik ditutup dan aktivitas yang menghasilkan asap kendaraan berkurang banyak. Rokok juga jarang dibeli karena orang lebih membutuhkan uang untuk makan dan memberi makan kepada keluarganya.

*diambil dari berbagai sumber

Baca juga : Apa Itu Spring Boot?

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)