Josi Kie

Apa Itu Algoritma? Algoritma dan Contohnya

Apa Itu Algoritma? Algoritma dan Contohnya

Apa itu algoritma ? Apa kegunaan dari algoritma? Seperti apakah algoritma itu? Setiap perhitungan matematika tidak jauh dari algoritma. Algoritma adalah suatu proses yang mana proses tersebut mengandung logika yang akan menyelesaikan sebuah masalah atau menghasilkan sebuah hasil.

Apa itu Spring Boot? Apa kegunaannya? Apakah penting untuk proses development? Jelas sangat penting.

Spring Boot adalah salah satu framework yang berasal dari Spring framework. Spring Boot memudahkan kita sebagai developer untuk membangun web development dengan bahasa pemrograman Java. Jadi tidak perlu menuliskan file konfigurasi xml yang banyak dan juga tidak perlu lagi bingung bagaimana cara mendeploy pada application server.

Baca juga : Tutorial Sederhana Spring Boot Starter Web

Lalu apa itu Spring framework? Spring framework adalah salah satu framework Java yang menerapkan Dependency Injection (DI). Framewovrk Java satu ini sangat handal karena prinsip Dependency Injection menyebabkan kode lebih bersih. Kamu bisa sebut Spring framework sebagai emaknya Spring Boot karena Spring Boot merupakan framework yang juga berasal dari Spring framework.

Spring Boot dibuat agar developer memiliki sedikit tingkat kerepotan. Oleh karena itu, aplikasi Spring Boot hanya membutuhkan sedikit konfigurasi Spring. Berikut ini fitur – fitur dan beberapa kemampuan Spring Boot :

  1. Aplikasi Spring yang dibangun berdiri sendiri,
  2. Tomcat, Jetty, Undertow disematkan secara langsung tanpa menggunakan file WAR,
  3. Menyediakan pilihan dependensi starter untuk menyederhanakan konfigurasi build,
  4. Secara otomatis mengonfigurasi Spring library dan pihak ke 3 bila memungkinkan,
  5. Menyediakan fitur siap – produksi seperti metrik, health checks, dan konfigurasi eksternal,
  6. Sama sekali tidak ada code generation dan tidak ada persyaratan untuk konfigurasi XML.

Web yang dibuat menggunakan Spring maupun Spring Boot dapat diakses melalui localhost pada web browser seperti Mozilla, Chrome, maupun Safari. Link aksesnya adalah localhost:8080/name-of-your-REST-endpoint

Kita dapat membuat Rest API, Aplikasi Web, dan laiinnya seperti cloud sebagai bagian dari microservices menggunakan Spring Boot.

Sebelum ada Spring Boot, developer harus menentukan framework dan dependency beserta versinya satu per satu secara manual, konfigurasi Spring, Internationalization, Logging, dan set up secara satu per satu. Tetapi semenjak ada Spring Boot, kita sebagai developer hanya cukup menggunakan starter project yang disediakan Spring Boot. Tidak perlu lagi ribet – ribet menggunakan cara manual. Istilahnya, Spring Boot menyediakan semunya melalui starter project.

Nah sahabat josikie, sudah megerti kan apa itu Spring Boot? Setelah artikel ini, ada artikel tutorial Spring Boot menggunakan Starter Web yang bisa kamu pelajari.

Baca juga : Tutorial Sederhana Spring Boot Starter Web

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)