Apa Itu SQLite Database?

Apa itu SQLite database? Seperti apa itu SQLite database? Apa saja keunggulan SQLite?

Database merupakan hal yang sangat penting untuk aplikasi. Mengapa begitu? Karena data – data aplikasi disimpan di database. Peranannya sangat penting untuk kelancaran dan kenyamanan pengguna aplikasi. Sebuah database dapat menampung banyak data walaupun ada juga jenis database yang daya tampungnya terbatas seperti SQLite. Tanpa database, data hanya akan disimpan ke variable. Namun ini bahaya karena data yang disimpan ke variable bersifat sementara dan dapat hilang ketika aplikasi ditutup.

Baca juga : 

Strategi Meningkatkan Potensi Ekspor di Indonesia

Dompet Digital Paling Terkenal Untuk Cryptocurrency

SQLite adalah database berukuran terbatas yang dapat digunakan untuk aplikasi berskala kecil. Penggunaan SQLite sering sering ditemukan pada aplikasi Mobile dan Android. SQLite berukuran sekitar 140 terabyte saja. Misalnya pun SQLite dapat menangani database yang lebih besar, system file akan membatasi ukuran maksimal file untuk SQLite. SQLite bersifat ACID-complient. Paradigma client server pada umumnya adalah sistem database yang mandiri dapat berkomunkasi dengan program. Namun SQLite tidak begitu, SQLite menjadi bagian integral dari sebuah program.

SQLite cocok digunakan jika kamu memiliki data yang terstruktur. Karena merupakan RDBMS atau sistem manajemen basis data relasional yang memudahkan kita untuk mengelola database. SQLite bersifat open source alias gratis gak usah bayar. Pertama yang dilakukan jika ingin menggunakan SQLite database adalah download SQLite di website resminya yaitu https://www.sqlite.org/download.html yang menyediakan berbagai SQLIte sesuai system operasi yang biasanya digunakan seperti Mac OS, Linus, dan Windows.

Salah satu keunggulan SQLite daripada sistem manajemen relasional database adalah SQLite hanya terdiri dari file tunggal atau beberapa file yang tentunya tidak seberat system manajemen relasional database lainnya. Mengapa? Karena mesin database SQLite bukan client-server seperti MySQL, PostgreSQL dan lainnya.

Keunggulan – Keunggulan SQLite :

  • Stabil,
  • Dapat diperluas,
  • Pengelolaannya mudah,
  • Fleksibel dan sangat cepat,
  • Dapat berjalan di perangkat Mobile,
  • Memiliki Mode WAL,
  • Ringan

Baca juga : Asal Mula Git Version Control System

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaatJ