Apa Itu White Paper Crypto?

Apa itu white paper crypto? Seperti apa itu white paper crypto? Apa kegunaannya? Seperti apa isinya?

Initial Coin Offering (ICO) merupakan usaha perusahaan mengumpulkan dana untuk pengembangan proyek. Untuk mengadakan ICO, perusahaan perlu menyiapkan white paper. Dalam white paper crypto dijelaskan banyak hal terkait dengan produk dan proyek crypto. White paper harus dirancang dan ditulis dengan baik agar menarik hati para Investor. Singkatnya white paper adalah langkah pertama dalam pengembangan proyek blockchain.

Baca juga :
Jenis – Jenis Algoritma Konsensus Pada Blockchain Protocol
Apa Itu Byzantine Fault Tolerance?

White paper crypto merupakan sebuah dokumen yang menjelaskan proyek solusi secara mendetail. Apa saja yang dijelaskan di white paper? Diantaranya latar belakang proyek atau masalah yang ingin diselesaikan, solusi untuk masalah, teknis proyek, hingga interaksi pengguna. Isi dari white paper akan menjadi bahan pertimbangan Investor. Ada tiga poin penting yang biasanya dijelaskan di white paper, yaitu masalah yang akan diselesaikan, bagaimana bisnis ini menjadi solusi atas masalah tersebut, dan bagaimana perkembangan potensi bisnis di masa depan. 

White paper tidak hanya disiapkan untuk ICO. Tetapi bisa juga untuk menarik hati dan perhatian banyak orang, misalnya proyek Blockchain yang terdesentralisasi dan dijalankan oleh komunitas seperti Bitcoin, dan Free TON.

White paper digunakan untuk promosi oleh perusahaan yang mengeluarkannya. Tetapi white paper bukanlah berbentuk poster dan brosur. Di dalam white paper tertulis tulisan teknis yang menyajikan bukti berdasarkan fakta dan secara persuasif. Jika isi dari brosur dan poster menonjolkan penjualan, naka white paper menunjukkan solusi untuk memecahkan masalah pelanggan di masa depan.

Apa fungsi white paper bagi Investor?

Yakinlah jika Investor akan berpikir lebih dalam sebelum memutuskan untuk berinvestasi. White paper membantu Investor mempertimbangkan pilihannya. Investor bisa mempelajari terlebih dahulu tentang blockchain tersebut melalui white paper. Disarankan untuk mengisi halaman sebanyak – banyaknya tentang proyek secara mendalam. 

White paper yang baik lengkap dengan visi&misi, aspek teknikal, arsitektur & interaksi dengan pengguna, dan background perusahaan/personal. Berikut ini beberapa white paper Bitcoin yang bisa kamu :

  1. Bitcoin
  2. Free TON
  3. Ethereum

Apa saja yang akan kamu ketahui setelah membaca sebuah white paper?

Kamu akan tau siapa yang mengeluarkan white paper, tujuan visi&misinya, masalah latar belakang, seperti apa produk solusi yang akan dikembangkan, bagaimana penggunaan dan jalan penyebaran token, aspek teknikal, dan lainnya.

Baca juga: Pengertian Tokenisasi ICO, STO, TSO, dan IEO

Sekian, terimakasih, semoga bermanfaat:)

Sumber:

https://coinvestasi.com/blockchain/panduan/pemula/apa-itu-white-paper

https://pinterinternet.com/mengenal-white-paper-crypto-dan-fungsinya/

https://freeton.house/en/whitepaper-4//