The Daily Journal

Apa Itu WordPress CMS?

Apa Itu WordPress CMS? Apa fungsi WordPress? Seperti Apa Itu WordPress CMS?

WordPress cukup populer didunia blogger dan developer web karena performa dan kemudahannya. WordPress termasuk salah satu CMS yang paling banyak digunakan. Apa itu CMS? CMS atau singkatan dari Content Management System adalah alat yang dapat digunakan untuk membuat, menghias, dan mengelola website tanpa harus koding. Jadi kita bisa buat web tanpa harus tau koding. WordPress CMS bisa digunakan secara gratis dan bayar. Kita tidak bayar software WordPress, namun kita membayar domain dan hosting untuk website kita. Selain itu, kemudahan juga ditawarkan oleh WordPress untuk me-manajemen konten.

Baca juga :
Macam – Macam Agama Yang Umum di Indonesia
Apa itu Control Management System (CMS)?

WordPress rilis versi pertamanya (WordPress 1.0) awal tahun 2004. Developer WordPress saat itu hanya dua orang. Dua orang yang membuat WordPress adalah Matt Mulenweg dan Mike Little. Waktu awal rilis, fitur WordPress belum sebanyak fitur WordPress saat ini. Namun sudah memiliki fitur inti yang cukup, seperti sistem manajemen user, editor WordPress, dan lainnya. WordPress mengalami banyak kemajuan. Saat ini WordPress dikelola oleh komunitas open source yang berdedikasi. Ribuan pengguna masuk dalam komunitasnya. Penggunaan WordPress cukup mudah, jika ingin pasang fitur hanya tinggal klik install plugin yang sesuai. Misalnya kita ingin menambah keamanan blog/website, berarti kita harua memasang plugin sejenis plugin security.

WordPress cocok buat kamu yang masih pemula dan baru belajar menggunakan CMS. Alasannya karena kemudahan, komunitas yang besar, banyak plugin tersedia untuk WordPress, dan tema yang banyak. Ada dua jenis WordPress, yaitu WordPress.com dan WordPress.org, keduanya memiliki perbedaan. Kita bisa sebut WordPress.org sebagai versi berbayar dan lebih profesional, yang dibayar bukanlah software WordPress tapi domain dan hosting yang kita butuhkan. WordPress.com adalah versi gratis, tidak perlu beli domain dan hosting. Tentunya yang gratis ada keterbatasannya. Diantaranya tidak bisa install plugin, temanya terbatas, tidak bisa pasang adsense, dan nama domain web harus diikuti dengan wordpress.com, seperti josikie.wordpress.com dan myblog.wordpress.com, serasa aneh bukan? Lebih enak pakai domain sendiri.

Apa saja manfaat WordPress?

1) Membuat website dengan cepat dan lebih mudah karena tanpa koding,

2) Bisa digunakan untuk membangun blog, portofolio, toko online, bisnis, dan lainnya,

3) Mudah membuat permalink,

4) Gampang menaikkan rating SEO menggunakan WordPress dan pluginnya,

5) WordPress fleksibel dan anti spam.

Baca juga : Macam – Macam CMS Untuk Membuat Website

*diambil dari berbagai sumber

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)