The Daily Journal

Ayam Cemani ( Ayam Hitam)

Ayam Cemani ( Ayam Hitam ) ? Apa itu ayam cemani ( ayam hitam ) ? Seperti apa ayam cemani itu? Bagaimana ciri-ciri – cirinya?

Ayam termasuk kedalam hewan unggas. Tentunya setiap spesies memiliki banyak jenis. Salah satu jenis ayam adalah ayam cemani. Cemani adalah jenis ayam lokal Indonesia. Ayam ini secara resmi disebut ayam kedu.

Ciri – ciri ayam cemani adalah berwarna hitam legam yang membalur sempurna diluar maupun dalam tubuhnya. Bahkan sampai ke hatinya. Tetapi warna telurnya tetap putih dan darahnya tetap merah. Penelitian membuktikan bahwa warna hitam legam pada ayam ini dikarenakan kondisi genetik nya, yaitu fibromelanosis. Kondisi ini menyebabkan gen endothelian-3 bermutasi yang berakibat lapisan epidermis ayam menghasikan pigmen hitam. Dikatakan semakin dewasa hewan ini, semakin banyak gennya meningkat.

Harga dari ayam ini cukup fantastis atau termasuk ayam yang harganya mahal dan tidak seperti ayam biasanya. Diceritakan secara turun-temurun kalau ayam ini dapat membawa kekayaan karena dijaman dahulu ayam ini hanya dimiliki oleh para bangsawan – bangsawan.

Disebutkan ayam ini memiliki kekuatan magis. berdasarkan kekuatan magisnya, ayam ini dibagi menjadi 3 yaitu Cemani widitra, Cemani Warastratama, Cemani Kaikayi. Cemani Widitra memiliki sapuan garis di leher, dada, paruh dan selangkangan, ayam jenis ini dipercayai mempunyai kekuatan gendam asmara dan penolak bala (kekuatan jahat) dari makhluk halus. Cemani Warastratama merupakan ayam Cemani yang sering digunakan sebagai pelengkap pada saat upacara adat. Sedangkan,  Cemani Kaikayi memiliki ciri dengan bulu hitam dipadu biru laut, ayam jenis ini dipercaya bisa mengangkat santet.

Baca juga :
Kebiasaan – Kebiasaan Aneh Yang Sering Dilakukan Kucing
Kaktus Kepala Emas (Penjelasan dan Ciri – Ciri)

Karena ayam ini termasuk ayam yang langka, harganya pun bisa mencapai selangit. Walaupun langka, ayam ini cukup terkenal hingga ke negara lain. Orang – orang dan bule – bule berkantong tebal biasanya membeli ayam ini. Biasanya orang Amerika menyebut ayam ini ayam lamborghini.

*diambil dari berbagai sumber

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *