The Daily Journal

Berbagai Jenis Algoritma Pada Machine Learning

Berbagai Jenis Algoritma Pada Machine Learning ? Seperti apa dan apa saja Berbagai Jenis Algoritma Pada Machine Learning? Mengapa machine learning banyak memiliki peran dalam kehidupan manusia?

Setiap abad, setiap dasawarsa, bahkan setiap tahun pasti ada banyak teknologi baru. Bisa dikatakan teknologi bukanlah sesuatu yang mudah dikejar karena teknologi akan terus berkembang menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Akhir – akhir ini artificial intelligence sangat terkenal didunia teknologi dan mulai menjadi perbincangkan oleh banyak orang. Mengapa begitu? Karena artificial intelligence merupakan teknologi yang lebih berkembang daripada teknologi sebelumnya.

Baca juga :
Jenis – Jenis Buah Mangga Yang Tumbuh di Indonesia
Teknologi 5G Standar Telekomunikasi Di Masa Kini dan Masa Mendatang

Artificial intelligence bisa disebut dengan kecerdasan buatan pada teknologi dan komputer. Hingga saat ini sudah banyak aplikasi, robot, website, dan mesin berteknologi canggih yang menggunakan artificial intelligence. Artificial intelligence memiliki banyak jenis. Salah satunya machine learning. Machine learning adalah komputer yang belajar sendiri menggunakan data untuk menghasilkan hasil yang akurat. Komputer harus memiliki data untuk belajar dan menghasilkan hasil yang akurat.

Machine learning memiliki 4 jenis algoritma terkenal. Apa saja 4 jenis algoritma terkenal machine learning?

1) Supervised Learning

Supervised learning adalah algoritma machine learning yang belajar dari data data sebelumnya. Jika menggunakan supervised learning, seorang data science harus sudah memiliki contoh data data. Dari data – data yang sudah ada, komputer akan belajar untuk menentukan dimana data – data yang baru akan dikelompokkan bersama data – data yang sudah ada sebelumnya. Supervised learning dilakukan ketika sudah ada data yang terlatih dan variabel target. Tujuan algoritma machine learning satu ini adalah mengelompokkan suatu data baru ke data lama yang sudah ada. Data yang sudah ada bisa kita sebut data latih. Pada supervised learning kita memiliki variabel input dan variabel output. Sehingga kita dapat meramal apa output selanjutnya ketika input baru telah hadir. Dalam supervised learning, dataset (contoh data diawal) harus dilabeli dengan baik.

2) Unsupervised Learning

Unsupervised learning berbeda dengan supervised learning. Jika supervised learning sudah memiliki contoh data dan pengelompokan lalu membiarkan komputer belajar dari data – data tersebut, unsupervised learning tidak memiliki contoh data data yang digunakan komputer untuk belajar. Unsupervised learning mengelompokkan data – data baru sesuai kemiripan dan ciri – cirinya sehingga terbentuk kelompok baru jika tidak ditemukan kemiripan antara data nomor 1 dengan data nomor 2. Algoritma satu ini tidak memiliki data latih dan hanya akan mengelompokkan data – data yang baru menjadi beberapa bagian. Unsupervised hanya memiliki input data namun tidak memiliki output yang ada kaitannya.

3) Semi – Supervised Learning

Semi – Supervised Learning adalah algoritma yang menggabungkan supervised learning dan unsupervised learning. Contoh atau sampel input pada semi – supervised learning ada yang memiliki label atau sudah memiliki kelompok dan ada yang tidak memiliki label atau yang kelompoknya masih akan dibentuk oleh algoritma. Dari contoh atau sampel data tersebut, semi – supervised learning akan menghasilkan fungsi yang tepat sesuai data – data input.

4) Reinforcement Learning

Reinforcement learning adalah learning atau algoritma machine learning yang dalam proses belajarnya terhadap hal baru tidak memerlukan campur tangan manusia. Reinforcement dapat melakukan pembelajaran terhadap hal baru benar – benar dari nol. Komputer akan memulai dengan ketidaktahuan namun perlahan lahan akan tau dan membentuk suatu strategi kuat untuk melakukan atau melawan. Algoritma belajar satu ini akan membuat komputer belajat dari apa yang dilihat sendiri oleh komputer dan pengalaman. Contoh aplikasi yang dihasilkan dari reinforcement learning adalah mobil yang dilatih mengemudi sendiri tanpa pengemudi.

Baca juga : Kehidupan Shakespeare (Penulis Drama Bahasa Inggris Terbaik di Dunia)

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)