Pengetahuan umum

Berkenalan dengan Kaktus Pintal (Espotoa Mirabilis)

Kaktus Pintal merupakan kaktus yang memiliki ciri khas pada duri dan bulu halusnya. Yukk kita kenalan dengan kaktus ini.
Kaktus Pintal

Jenis Kaktus Pintal ini merupakan Kaktus yang tumbuhnya tegak. Batangnya dapat mencapai tinggi 1 sampai 3 m. Batang kaktus ini penuh ditumbuhi bulu – bulu halus seperti kapas yang membelit ke seluruh bagian Batang. Sebab itulah Kaktus ini disebut Kaktus Pintal.

Permukaan batangnya terdiri atas 20 sampai 30 rusuk. Diameter batangnya adalah 10 cm. Duri radial berwarna putih atau agak kekuning – Kuningan. Panjangnya 1,25 sampai 2 cm. Jumlahnya 12 buah setiap aerol. Duri sentral kadang – kadang tidak tampak sebelum tanaman ini mencapai umur 10 tahun. Duri sentral ini berjumlah 1 sampai 2 buah setiap aerol dan panjangnya 2,5 dan 7,5 cm bila sudah tua. Duri radial dan duri sentral dapat dibedakan dari warnanya.

Bunga kaktus ini berbentuk seperti lonceng, garis tengahnya 5 cm. Berwarna putih dan mekarnya pada malam hari. Buahnya bulat telur, panjangnya 3,8 cm. Berkembangbiaknya dengan biji maupun setek batang.

Asal – muasal kaktus ini adalah dari Peru dan Equador. Nama Espotoa berasal dari dari nama seorang ahli tumbuh – tumbuhan berkebangsaan Peru yang bernama Nicolas E. Esposto.

Sumber : Flora Indonesia Kaktus, diterbitkan oleh P.T. (Persero) Gita Karya.

klik kaktus kentang untuk mengetahui jenis kaktus lainnya

No Comments

    Leave a Reply