The Daily Journal

Cara Berpindah Activity Menggunakan Intent Pada Android Studio (++ Tutorial)

Berpindah activity menggunakan Intent? Bagaimana caranya? Apa yang harus saya tambahkan agar bisa memiliki activity baru? Apa yang harus saya tambahkan agar setelah menambahkan activity baru dapat berpindah dari activity lama ke activity baru?

Cara berpindah activity menggunakan intent adalah artikel yang berisi cara untuk berpindah activity menggunakan intent pada android studio dan tutorial yang bisa diikuti oleh kamu yang pemula dalam membuat aplikasi yang ingin mencoba dan belajar cara berpindah dari activity pertama ke activity ke dua.

Baca juga : Tips Melangsingkan Badan Tanpa Obat

Untuk berpindah dari activity pertama ke activity ke dua, kita membutuhkan Intent. Apa itu Intent? Intent adalah salah satu kelas yang tersedia di Android Studio yang berguna untuk berpindah activity, mengakses url, dan tugas – tugas lainnya. Intent juga bisa digunakan untuk mengikat data yang akan di transfer untuk activity ke dua. Intent sangat berguna bagi seorang android developer karena sebuah aplikasi yang sudah siap, paling tidak memiliki dua activity berbeda dan beberapa fitur lainnya agar lebih menarik.

Mari kita simak penjelasan kode Intent untuk berganti activity.

Semisal kita punya dua activity bernama activity a dan activity b. Agar bisa berpindah dari activity a ke activity b kamu memerlukan kode Intent seperti di bawah ini :

Untuk lebih jelas mari ikuti tutorial berikut. Pertama buka Android Studio. Lalu pilih Start a new Android Studio project seperti di bawah ini :

Setelah terbuka pop up Create New Project, pilih Empty Activity lalu klik Next seperti gambar di bawah ini :

Kemudian akan muncul pop up Create New Project. Isi kotak Name, Package name, Language, Minimum API level seperti gambar di bawah ini, untuk kotak Save Location isi sesuai tempat biasanya kamu menyimpan project Android Studio.

Setelah itu pergi ke app -> res -> layout – > activity_main.xml seperti gambar di bawah ini :

Isi activity_main.xml dengan kode berikut :

Kemudian buat Activity baru di package com.example.android.intentactivity seperti gambar berikut ini :

Pada gambar diatasa, klik kanan New lalu pilih Activity dan pilih Empty Activity.

Akan muncul pop up New Android Activity. Isi kotak Activity Name, Layout Name, Package name, Source Language sesuai gambar berikut. Jangan Lupa Generate Layout File dicentang.

Pergi ke app -> res -> layout -> activity_kedua.xml lalu ubah kode di dalam activity_kedua.xml menjadi seperti kode berikut ini :

Pergi ke app – java -> com.example.android.intentactivity -> MainActivity lalu ubah kode di dalam MainActivity hingga menjadi seperti berikut ini :

Coba run dan lihat hasilnya. josikie melakukan run dan ini hasilnya :

Download full source codenya di sini.

Baca juga : Cara Menebalkan Alis Secara Alami