The Daily Journal

Cara Jualan Online Yang Laris dan Profesional

Cara Jualan Online Yang Laris dan Profesional
Cara Jualan Online Yang Laris dan Profesional

Cara jualan online yang laris dan profesional? Bagiamana cara jualan online yang laris dan profesional? Seperti apa caranya?

Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk belajar, berkarya, bekerja, dan mencari uang secara online di rumah saja. Sudah berbulan – bulan kita di rumah saja, banyak kejadian pahit yang terjadi selama masa karantina. Diantaranya PHK karyawan, penurunan ekonomi, bahkan kematian. Tetapi kita harus tetap bertahan di masa – masa seperti ini. Salah satu cara yang paling bisa digunakan untuk mencari uang secara online adalah jualan online. Anda bisa menjual produk sendiri ataupun produk menjual produk orang lain.

Baca juga :
Apa Itu WordPress CMS?
Tutorial Membuat Website Gratis Dengan WordPress (Tanpa Koding)

Apakah Anda sudah jualan online tapi dagangan tidak laris? Jika belum laris pasti ada sesuatu yang salah pada cara Anda berjualan atau pada produk yang Anda jual. Penyebab terburuk adalah ribetnya membeli produk Anda seperti ribetnya cara berkomunikasi, metode pembayaran, dan jasa pengiriman. Pembeli online suka pada produk yang jelas dan dibutuhkan serta yang proses pembeliannya tidak terlalu ribet. Sebagai penjual, kita harus pandai berkomunikasi dan bersabar. Selain itu, info kontak Anda harus mudah diakses.

Apa Saja yang Perlu Diperbaiki Agar Jualan Lebih Laris?

1) Foto Produk

Tidak mungkin berjualan online tanpa foto asli produk. Jika konsumen tidak dapat melihat bentuk produk, kemungkinan besar konsumen tidak jadi membeli karena tidak percaya pada produk yang Anda jual, apa manfaatnya, dan apakah ini asli bukan tipuan. Oleh karena itu, kita harus menyediakan foto produk yang asli. Buat foto produk lebih menarik, foto ditempat yang bagus dan edit foto dengan desain background yang bagus.

2) Penjelasan Tentang Produk, Kegunaan, dan Manfaatnya

Pepatah mengatakan “Tak kenal maka tak sayang”, buatlah konsumen mengenal produk yang Anda jual. Berikan penjelasan tentang produk beserta kegunaan dan manfaatnya. Visualisasikan dengan menarik, misalnya diberi desain yang tidak membosankan. Kata – kata yang akan digunakan juga harus penuh informasi tentang produk Anda, beberapa kata menggunakan kata yang penuh keyakinan. Seperti “Coklatnya lumer sampai ke hati”. Mengapa harus menggunakan beberapa kata – kata yang penuh keyakinan? Karena dapat menarik hati konsumen.

3) Akses Komunikasi

Apa saja akses komunikasi yang Anda sediakan untuk konsumen Anda? Apakah susah berkomunikasi dengan Anda? Untuk menjangkau banyak konsumen, diperlukan banyak tempat komunikasi secara online, seperti Email, dan berbagai Sosial Media. Apakah brand produk Anda sudah memiliki sosial Media yang lengkap? Berbagai jenis Sosial Media bisa Anda manfaatkan, Anda dapat memilih satu, tapi lengkapnya Sosial Media menambah ketertarikan konsumen karena terlihat lebih keren dan membranding. Lebih mudah lagi akses komunikasi Anda melalui website official untuk semua produk yang Anda jual. Di website tersebut kamu dapat menyediakan info kontak lengkap seperti Email bisnis dan semua Sosial Media yang digunakan untuk promosi produk.

4) Urusan Bayar dan Antar

Konsumen tidak semua memiliki tempat tinggal yang dekat dengan rumah atau toko Anda. Jika tempat tinggal konsumen jauh, maka Anda harus menyediakan beberapa opsi untuk pembayaran dan jasa pengiriman. Pilih yang tidak ribet dan cepat. Keamanan dan kenyamanan pelanggan nomor satu. Packing produk harus kuat dan rapi.

5) Platform Jualan Online

Ada beberapa jenis platform jualan online, diantaranya Sosial Media, Marketplace, dan website. Ketiganya banyak dipakai oleh penjual dan pebisnis online. Platform jualan online menjadi sebuah kewajiban jika ingin berjualan online untuk melebarkan sayap dan jangkauan. Namun website lebih terasa spesial digunakan untuk jualan online. Di website, Anda dapat memberikan banyak informasi dan terfokus pada produk yang Anda jual, tidak seperti di Marketplace yang setelah menyarankan produk Anda kemudian menyarankan produk orang lain. Website bagus untuk branding produk Anda. Produk dengan website resmi lebih terlihat terpercaya.

Apakah saya harus tau koding untuk membuat website? Tidak perlu karena sekarang sudah tersedia CMS yang bisa membantumu membuat dan memanajemen website tanpa koding. Salah satu CMS terkenal yang sudah digunakan banyak orang untuk membuat website adalah WordPress. Ada versi gratisnya, juga ada versi berbayarnya. Tentunya lebih lengkap dan lebih baik yang berbayar daripada yang gratis. Bukan WordPressnya yang berbayar, tetapi domain dan hosting yang Anda perlukan untuk alamat dan penyimpanan website Anda.

Persiapan Hosting dan Domain Website

Untuk mendapatkan website berperforma, tentunya kita membutuhkan domain dan hosting. Kunjungi Hosting Terbaik Indonesia, Exabytes Indonesia untuk memilih paket hemat yang cocok untuk Anda. Exabytes Indonesia menyediakan Hosting WordPress Terbaik. Anda tidak perlu takut jika Anda baru pertama kali berurusan dengan Hosting WordPress, karena hosting di Exabytes Indonesia cocok buat Anda yang masih pemula maupun Anda yang sudah professional. Selain itu, hosting di Exabytes Indonesia dijamin anti lemot dengan SSD, dan pengelolaan yang mudah menggunakan Plesk Panel. Yang lebih wow adalah gratis domain dan SSL. Tidak hanya hosting wordpress terbaik , Exabytes Indonesia juga menyediakan Domain Murah loh, yuk mulai tentukan nama domain sesuai produk Anda. Harga domain di Exabytes Indonesia mulai dari Rp. 119.000 per tahun. Dengan domain yang membranding produk Anda, jualan online atau bisnis Anda lebih terlihat serius dan terpercaya. Website Anda membantu konsumen untuk mengenal produk lebih dalam dan dapat membuat konsumen tau kemana mereka bisa berkomunikasi dengan Anda karena website official pasti menyediakan info kontak media sosial resmi.

Anda ingin strategi yang dapat meningkatkan penjualan? Solusi Email Marketing adalah jawabannya. Strategi peningkatan penjualan menggunakan Email Marketing bersifat personal, pelanggan akan merasa nyaman dan Anda pun dimudahkan saat menawarkan produk Anda pada pelanggan. Email Marketing mempermudah, mempercepat, dan praktis untuk digunakan sebagai senjata marketing. Selain itu, Bisnis besar membutuhkan Email marketing untuk berkomunikasi dengan tim karena lebih aman dan membagikan info pada konsumen.

 

https://www.exabytes.co.id/lomba-blog

 

Baca juga : Tutorial Menggunakan Intent Implisit

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)