Cara Mengobati Sakit Gigi Sendiri Dengan Mudah

By | January 2, 2020

Sakit gigi? Siapa sih yang tidak pernah mengalami sakit gigi? Tiap manusia setidaknya pernah satu kali mengalami sakit gigi seumur hidupnya. Termasuk kamu, iya kamu.

Setiap masalah ada jalan keluarnya. Sakit gigi pun ada obatnya. Biasanya sakit gigi terjadi karena kebiasaan buruk, makanan, atau pertumbuhan, dan lainnya. Gigi adalah salah satu aset terpenting manusia. Jadi kita harus pandai – pandai merawat gigi.

Baca juga : Tips dan Trik Untuk Mendapatkan Booyah

Selain berobat ke dokter, ada beberapa cara untuk mengobati sakit gigi yang bisa kamu coba sendiri di rumah dengan mudah. Bagaimana cara mengobati sakit gigi sendiri dengan mudah? Berikut ini beberapa cara mengobati sakit gigi dengan mudah yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah :

1) Berkumur Air Garam

Tahukah kamu? Garam banyak manafaatnya loh. Salah satunya adalah untuk mengobati sakit gigi. Kamu tentu bisa mencobanya sendiri dong. Caranya cukup mudah loh. Masukkan satu sendok garam ke dalm satu gelas air hangat (240 ml). Air garam tersebut digunakan kamu untuk berkumur. Berkumurlah pada saat baru bangun tidur sebelum makan dan minum apapun.

2) Berkumur Air Lemon

Lemon mengandung asam. Rasanya pun asam. Selain digunakan untuk minuman segar, lemon juga dapat mengobati sakit gigi yang diakibatkan oleh gigi berlubang. Alkali alami ini dapat menjaga keseimbangan kadar pH dalam mulut dan anti bakteri yang dapat mengatasi bakteri gigi berlubung. Peras satu buah lemon. Campur dengan segelas air hangat. Kemudia gunakanlah untuk berkumur. Rutinlah berkumur minimal dua kali sehari.

3) Bawang Putih

Bukan mitos lagi bahwa bawang putih dapat menyembuhkan sakit gigi. Bawang putih adalah salah satu antiseptik alami yang ampuh menyembuhkan sakit gigi. Mudah sekali cara menggunakan bawang putih untuk mngobati sakit gigi. Caranya iris – iris bawang putih lalu kunyah pada bagian gigi yang sakit atupun berlubang. Selain dapat menyembuhkan, bawang putih juga dapat meringankan nyeri sakit gigi.

4) Daun Jambu Biji

Buah jambu biji banyak manfaatnya. Ternyata daun dari jambu biji pun banyak manfaatnya. Salah satunya mengobati sakit gigi. Daun jambu biji memiiki kandungan analgesik. Selain itu juga termasuk anti radang. Hal ini menyebabkan daun jambu biji mampu mengurangi bahkan menghentikan rasa sakit akibat sakit gigi.

Rebus beberapa daun jambu biji, lalu berkumurlah menggunakan air rebus daun jambu biji minimal satu kali sehari.

5) Kompres Dengan Es Batu

Suhu dingin pada es batu dapat membuat rasa nyeri sakit gigi berkurang bahkan menghilang. Caranya cukup mudah loh. Lapisi es batu dengan kain bersih lalu tempelkan di pipi bagian gigi yang sakit selama 15 menit. Kenapa es batu dapat mengurangii rasa nyeri sakit gigi? Karena es batu yang dingin dapat membuat saraf gigi kebas.

Baca juga : Tips Suara Kuat Untuk Bernyanyi

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)