The Daily Journal

Cara Merubah Ikon Launcher / Ikon Avatar Pada Aplikasi Android

Apa itu ikon launcher atau ikon Avatar? Bagaimana cara merubah ikon launcher? Apa hubungannya dengan sebuah aplikasi Android?

Aplikasi yang jelas dan baik adalah aplikasi yang memiliki ikon launcher dengan jelas. Tentunya kamu tidak ingin aplikasimu dicap tidak jelas oleh pengguna, bukan?

Baca juga : Tutorial Desain Login Sederhana Aplikasi Menggunakan Android Studio

Ikon launcher atau biasa disebut ikon Avatar adalah sebuah ikon utama pada aplikasi, yaitu ikon yang pertama kali muncul dihalaman Android. Ketika kamu mendownload sebuah aplikasi di play store ada sebuah gambar berbentuk kotak atau pun bulat di samping kiri atas, itulah sebuah ikon launcher, seperti gambar di bawah ini :

Atau Ikon aplikasi sebelum kita klik seperti di bawah ini :

Kita akan membuat project baru bernama Ikon Launcher. Buka Android Studio lalu pilih start a new Android Studio Project seperti di bawah ini :

Pilih Phone And Tablet, klik Empty Activity lalu klik next seperti gambar di bawah ini :

Isi kotak Name dengan Ikon Launcher, package nam dengan com.example.android.ikonlauncher. kotak save location isi sesuai tempat dimana kamu mau menyimpan project. Untuk language pilih Java dan Minimum API level pilih API 22 : Android 5.1(Lollipop). Lalu klik finish.

Sebelum itu mari download gambar ikon yang josikie sediakan khusus kamu disini. Setelah didownload, kamu copy gambar ikonnya lalu paste di drawable. Cara paste gambar ikonnya kamu buka app -> res lalu klia kanan pada drawable dan akan muncul pop up lalu pilih paste, seperti berikut :

Akan muncul pop up Choose Destination Directory lalu pilih Directory Structure, pilih yang …\app\src\main\res\drawable dan klik ok.

Pop up Copy akan muncul dan isi kotak New name dengan ikonmypoem.png lalu klik ok. Seperti gambar di bawah ini :

Lalu buka app -> res -> mipmap -> ic_launcher(6). Ubah <background android:drawable dan <foreground android:drawable menjadi seperti gambar di bawah ini :

Kemudian buka app -> res -> mipmap -> ic_launcher_round(6) lalu ubah kode di ic_launcher_round(6) seperti gambar dibawah ini :

Lalu jalankan aplikasinya. Berikut demo aplikasinya josikie sediakan:)

Baca juga : Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Demikian Cara Merubah Ikon Launcher Pada Aplikasi Android, terimakasih dan semoga bermanfaat:)