The Daily Journal

Dasar Bahasa Pemrograman C++ 2

Apa saja yang akan dipelajari di dasar pemrorgaman C++ 2 untuk pemula?

Sebelum mempelajari dasar bahasa pemrograman C++ 2, disarankan pelajari terlebih dahulu Dasar Pemrograman C++ 1 supaya lebih mengerti dengan penjelasan yang ada di dasar bahasa pemrograman C++ 2. Apa saja yang akan kita pelajari di dasar pemrograman C++ 2. Pada Dasar Bahasa Pemrograman C++ 2, kita akan belajar mulai dari operator, percabangan, dan perulangan.

Baca juga : Dasar Pemrograman C++ 1

Sintaks – sintaks dasar harus dimengerti agar kedepannya, kita tidak terlalu bingung dan bebas mau menggunakan sintaks karena tau fungsinya. Tentu saja, sintaks pemrograman tidak harus dihafalkan semuanya, hafalkanlah yang penting – penting saja. Jika membutuhkan sintaks yang kegunaannya lain, kita bisa mencarinya di google atau web browser lainnya.

1) Operator

Operator adalah karakter atau simbol khusus yang biasanya digunakan untuk bahasa pemrograman. Sama seperti bahasa pemrograman lain, bahasa pemrograman C++ juga menggunakan operator. Ada beberapa jenis operator dasar pada bahasa pemrograman C++ (Operator Unary, Operator Binary, Operator Ternary). Selain itu ada operator penugasan, operator aritmetika, operator gabungan, operator increment dan decrement.

1. Operator

a. Operator Unary

Operator Unary adalah operator yang hanya melibatkan satu buah nilai saja. Berikut contohnya :

b. Operator Binary

Operator Binary adalah operator yang melibatkan dua buah nilai. Berikut contohnya :

c. Operator Ternary

Operator Ternary adalah operator yang melibatkan tiga buah nilai. Berikut struktur dan contohnya :

d. Operator Penugasan

Operator Penugasan adalah operator yang digunkan untuk memberikan nilai pada suatu variabel. Berikut struktur dan contohnya :

e. Operator Aritmetika

Operator aritmetika adalah operator yang digunakan untuk melakukan perhitungan seperti pengurangan, penambahan, pembagian, perkalian, dan lainnya. Berikut struktur dan contohnya :

f. Operator Gabungan

Operator gabungan adalah operator yang terdiri dari dua operator. Berikut contonya :

g. Operator Increment dan Decrement

Operator Increment dan Decrement adalah operator yang digunakan untuk menambahkan dan mengurangi sebuah variabel atau nilai dengan satu. Increment digunakan untuk menambahkan nilai dengan satu, sedangkan decrement digunakan untuk mengurangi nilai dengan satu. Berikut contohnya :

h. Operator Relasi

Operator relasi biasanya digunakan pada if else, while, dan for untuk mengecek kondisi sudah benar atau tidak. Tipe dari operator ini adalah boolean, dimana pada operator relasi hanya ada dua nilai. Yaitu benar (true) dan salah (false). Berikut contoh dan sedikit penjelasannya :

2) Percabangan

Percabangan adalah ketika program memiliki statement yang harus dipilih namun statement hanya dipilih jika kondisi bernilai benar (true). Pada bahasa pemrograman C++  ada if-else, if bersarang, dan switch. Berikut ini struktur dan penjelasannya :

3) Perulangan

Perulangan adalah logika yang jika suatu kondisi bernilai benar (true) maka suatu statement atau instruksi kode akan dilakukan berkali – kali sampai kondisi benilai salah (false). Pada bahasa pemrograman C++ ada while, do-while, dan for sebagai sintaks bahasa pemrograman. Berikut struktur dan contohnya :

Baca Juga : Dasar Pemrograman Java 1

Jangan lupa untuk subscribe channel josikie disini

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)