The Daily Journal

Dasar Bahasa Pemrograman C++ 1

Darimana saya bisa memulai belajar bahasa pemrograman C++ 1? Kita dapat memulai belajar bahasa C++ dari Dasar Bahasa Pemrograman C++ 1. Artikel ini membahas dasar bahasa pemrograman C++ 1.

Bahasa pemrograman C++ adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dapat digunakan membuat aplikasi program berkinerja tinggi. Bahasa ini diciptakan oleh Bjarne Stroustrup pada awal tahun 1970. Bahasa ini adalah bahasa pemrograman turunan dari bahasa pemrograman B. C++ baru dikembangkan pada awal 1980 di Bell Labs oleh Bjarne Stroustrup.

Baca juga : Apa Itu Kotlin? Ayo Berkenalan Dengan Kotlin

Apa saja yang akan kita pelajari di dasar pemrograman C++? Kita akan mempelajari struktur program C++ hello world, variabel, tipe data, dan konstanta. Mari Belajar.

1) Struktur C++

Struktur C++ adalah struktur program C++ yang dibagi menjadi beberapa bagian. Yaitu bagian Preprocessor Directive (Pengarah Kompiler), Declaration (Deklarasi), Definition (definisi), Statement (Pernyataan), dan Comments (Komentar). 

Prepocessor directives adalah bagian yang berisi perintah yang bertuju untuk preprocessor. Declaration adalah bagian yang ditulis untuk medeklarasikan suatu variabel. Definition adalah bagian dari program C++ yang dilakukan setelah declaration yaitu pada saat memberikan nilai pada suatu variabel. Statement adalah pernyataan atau perintah kode yang akan dilakukan program. Sedangkan Comments adalah bagian dari program C++ yang berguna untuk memberikan komentar pada kode –  kode yang ditulis untuk memudahkan penulis kode dalam mengingat. Berikut contoh struktur program C++ dan penjelasannya :

2) Tipe Data

Apa itu tipe data? Tipe data adalah pengenal suatu variabel. Dengan tipe data, kita bisa tau variabel jenis apa yang digunakan untuk statement tertentu. Tipe data bertugas memberitahukan kepada kompiler tipe data jenis apa yang digunakan dan seberapa lebar alokasi ruang memori untuk suatu variabel. Contoh tipe data dan penjelasannya :

3) Variabel

Apa itu variabel? Variabel adalah gabungan dari tipe data, nama variabel yang digunakan untuk melengkapi statement pada kode program. Variabel memudahkan kita untuk mendapatkan nilai, mencetak nilai, menyimpan nilai. Berikut contoh dan penjelasannnya :

4) Konstanta

Seperti apa itu Konstanta? Konstanta adalah pelengkap sebuah variabel yang berguna untuk menetapkan suatu nilai yang bersifat tetap. Sesuai namanya, setiap variabel yang dipakaikan konstanta memiliki nilai tetap yang tidak bisa diubah dikemudian hari. Berikut contoh penggunaan konstanta :

Setiap pemrograman memiliki input (yang dimasukkan) dan output (yang dikeluarkan). Setidaknya ada satu output yang akan dikeluarkan oleh program. Begitu pula dengan program yang dihasilkan oleh bahasa pemrograman C++. Ada sintaks yang digunakan untuk mengoutput sesuatu seperti kata, kalimat, atau angka, salah satunya adalah cin. Berikut contoh penggunaan sintaks cin :

Baca juga : Perbedaan Java dan Kotlin

*diambil dari berbagai sumber

Jangan lupa subscribe channel YouTube josikie disini.