Josi Kie

Dasar Pemrograman Java 3

Dasar Pemrograman Java 3

Setelah belajar Dasar Pemrograman Java 2, kita akan belajar Dasar Pemrograman Java 3. Yang mana berisi materi dan praktek yang lengkap penjelasanya tentang looping (perulangan) dan array

Pedih

Pedih

Pagi ini indah ya…,
Sangat indah dan
Mentaripun begitu sangat
Cantik dan indah

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Android 10 dan Android Pie adalah rilis baru operating system Android. Android Pie rilis pada tahun 2018, sedangkan versi Android 10 rilis pada tahun 2019. Fitur – fitur pintar banyak bertambah. Untuk tahun 2019, Android 10 adalah versi Android terbaru meskipun belum semua smartphone dapat menggunakan operating system versi Android 10.

Dasar bahasa pemrograman Java? Seperti apa saja ya?

Kita akan memulai belajar bahasa pemrograman Java. Selamat, ini adalah langkah pertama untuk belajar bahasa pemrograman Java, setelah langkah instalasi pastinya. Belum melakukan langkah instalasi? Silahkan kunjungi website asli Java. Yang akan kita pelajari antara lain, struktur program HelloWorld, dan penggunaan tipe data dan variabel.

Baca juga : Dasar Pemrograman Java 2

Bahasa pemrograman Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Oleh karena itu, program Java harus memiliki kelas agar bisa dijalankan.

Awal belajar kita mempelajari struktur dari program Java. Program HelloWorld menjadi contoh program Java untuk dibedah strukturnya. Berikut ini kode program HelloWorld :

Sebelum kita bedah, ada baiknya kita tau output apa yang akan dikeluarkan oleh program. Program di atas mengeluarkan output kalimat Hello World jika dijalankan. Oke, mari kita bedah sekarang.

Kode di atas disebut kelas. Setiap program Java memiliki kelas agar dapat dijalankan, public berarti kelas tersebut bersifat universal atau umum dan bisa digunakan di kelas lain, class adalah syntax Java yang berarti kelas. Untuk membuat sebuah kelas, syntax class wajib digunakan beda dengan public yang bisa dipakai atau diganti sesuai kebutuhan.

HelloWorld adalah nama kelasnya. Nama kelas tidak harus HelloWorld, kita bisa mengubahnya semau kita. Namun penamaan kelas ada peraturannya, diantaranya : 1) Nama kelas harus diawali huruf besar dan semisal ada lebih dari satu kata, maka setiap kata diawali huruf besar dan antara kata tidak boleh ada spasi (tanpa spasi). 2) Jangan lupa kurung tutup dan kurung buka untuk awal dan akhir program. Seperti dibawah ini :

  • Nama kelas : Hello World. Dengan Hello sebagai kata pertama dan World sebagai kata kedua menjadi HelloWorld untuk penamaan kelas yang baik.
  • Kurung kurawal Buka dan Kurung kurawal tutup pada class HelloWorld (yang diblok warna kuning pada gambar di atas).

Main Method adalah method utama pada program Java. Berikut ini main method pada program HelloWorld :

Method utama harus memiliki public static void dan String array (String[] args), args berarti argumen. Argumen tidak harus args, juga boleh yang lain seperti x, b, a, atau huruf lainnya.

Kode di bawah ini adalah kode untuk mengeluarkan output Hello World :

Kode ini ditulis System.out.println(Berisi yang mau dijadikan output), ditambah tanda titik koma dibelakang (;). Setiap baris kode didalam maupun diluar main method wajib diberi tanda titik koma dibelakangnya (;).

Tipe Data dan Variabel

Apa itu tipe data? Tipe data adalah tempat untuk menyimpan jenis nilai (angka, huruf, karakter, atau kalimat dan kata) dari suatu variabel. Variabel adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai berdasarkan tipe datanya.

Java memiliki beberapa tipe data , antara lain boolean(true atau false), char(karakter), byte(-128 sampai 127), short(-32768 sampai 32767), int(-2147483648 sampai 2147483647), long (-9223372036854775808 sampai 9223372036854775807), double(4.9E-324 sampai 1.7976931348623157E), float(1.4E-45 sampai 3.4028235E38). Kemana tipe data String? pada bahasa pemrograman Java, String bukanlah tipe data, melainkan objek. Keunikannya, String dapat langsung dibuat tanpa harus dibuat terlebih dahulu objeknya.

Contoh pemakaian tipe data didalam variabel :

Dasar bahasa pemrograman Java masih ada lagi, tunggu update josikie untuk selanjutnya Dasar Pemrograman Java (2) dan lainnya.

Kamu pemula? Pemula terus belajar, semangat!

Baca juga : Tutorial Membuat Website Gratis Tanpa Koding Menggunakan 8b Website Builder

Sekian, terimakasih dan semoga bermanfaat:)