The Daily Journal

Dasar Pemrograman Java 3

Apa yang akan kita pelajari di Dasar Pemrograman Java 3? Kita akan mempelajari perulangan dan array pada bahasa pemrograman Java. Di seri dasar pemrograman Java 2, kita sudah belajar operator dan percabangan. Diharapkan kamu sudah membaca Dasar Pemrograman Java 2. Yuk kita mulai belajarnya!

Baca juga : Dasar Pemrograman Java 2

1) Perulangan

Apa kamu pernah memakan sesuatu secara berulang – ulang? Java memiliki perulangan agar program dapat dijalankan secara berlang – ulang. Perulangan atau looping adalah alat yang memudahkan kita mengulang beberapa baris kode dan outputnya (hasil keluarnya) tanpa menulis berulang. Kenapa butuh perulangan? Mari simak dibawah ini :

Semisal program harus mengeluarkan output 0 sampai seratus baris.JIka tanpa menggunakan perulangan, mungkin kamu harus menuliskan kode System.out.println(0); sebanyak seratus kali. Namun jika menggunakan perulangan, kamu hanya perlu menuliskan beberapa kode. Berikut ilustrasinya :

Jadi lebih mudah, bukan? Ada perulangan pada bahasa pemrograman Java. Yaitu, while, do – while, for. Berikut penjelasannya :

a. Perulangan while

Perulangan ini melakukan proses perulangan jika kondisi perulangan bernilai true (benar). Oleh karena itu, jika kondisi false (salah), maka proses perulangan akan berhenti. Struktur dan contoh penggunaan perulangan while :

b. Perulangan do-while

Perulangan ini adalah perulangan yang mirip dengan perulangan while. Bedanya perulangan do-while dapat menjalankan maksimal 1 kali perintah atau instruksi walaupun kondisi false. Berikut struktur dan contoh penggunaannya :

c. Perulangan For

Perulangan ini memiliki variabel pengkondisian. Dimana terdiri dari nilai inisialisasi awal, kondisi loop, dan iterasi. Nilai inisialisasi awal adalah nilai awal sebelum terjadi perulangan, nantinya nilai awal akan ditambah, dikurangi, dibagi, atau pun dikali sesuai iterasinya mau ditambah, dikurangi, dibagi, atau dikali. Kondisi loop adalah target atau batas sampai kapan loop (perulangan) akan terjadi. Iterasi sendiri adalah keadaan untuk mengurangi, menambah, membagi, atau mengalikan jika nilai awal belum mencapai batas kondisi loop (perulangan). Berikut Strukturnya

Ada dua perintah yang bisa kita gunakan pada saat membutuhkan untuk berhenti ditengah ataupun melompati output – output tertentu, yaitu break dan continue.

1. break

break digunakan ketika kita ingin memberhentikan program. Pernitah ini digunakan bersama dengan if(kondisi) untuk menjelaskan kondisi. Berikut contohnya :

Pada contoh diatas, perulangan berhenti setelah outpuut angka 3 keluar. Hal ini dikarenakan jika a sama dengan 3, maka perulangan berhenti.

2. continue

continue adalah perintah ketika kita ingin melompati beberapa output pada perintah. Contohnya :

Dari contoh diatas, output yang bernilai dua tidak dikeluarkan atau tidak ditampilkan pada saat program dijalankan.

2) Array

Array adalah objek yang dapat menampung beberapa nilai dalam satu variabel secara berurtan. Berikut struktur dan contoh penggunaannya :

Selain itu, ada juga array multidimensi. Apa itu array multidimensi? Array mutidimensi adalah array yang memudahkan kita untuk dapat mengakses nilai baris dan kolom pada array ataupun menambahkan data array kedalam array. Struktur dan contoh array multidimensi :

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat. Dasar Pemrograman Java 3 merupakan seri terakhir dari Dasar Pemrograman Java.

Baca juga : Dasar Pemrograman Java 1