Hidup Lebih Bahagia Dengan Ikigai

Hidup Lebih Bahagia Dengan Ikigai? Apa yang dimaksud dengan ikigai? Mengapa kita dapat hidup lebih bahagia dengan ikigai?

Mungkin kamu pernah mendengar kata “ikigai”. Ya, kata “ikigai” berasal dari bahasa dan budaya Jepang. Kata “ikigai” berasal dari dua gabungan kata, yaitu (kehidupan) dan (menjadi berharga). Dari dua kata tersebut, jika digabungkan dalam bahasa kita menjadi “kehidupan menjadi berharga”. Ikigai dimiliki agar kita menjalani hidup lebih bahagia. Ikigai adalah sesuatu yang menjadi alasan kita untuk hidup. Ikigai bisa berupa orang yang kita cintai, cita – cita, pekerjaan yang kita cintai, atau pun tujuan hidup kita. Kaum centenarian di Jepang memiliki ikigai yang kuat agar bertahan tetap bahagia walau sudah hidup lebih dari seratus tahun.

Baca juga :
Teknologi Blockchain Aman Untuk Aset Digital
Komunitas dan Sistem Terdesentralisasi Memiliki Banyak Kemiripan

Kebanyakan orang masih bingung jika ditanya apa arti hidupnya. Padahal arti hidup bisa kita ciptakan melalui keinginan dan tindakan yang kita ambil untuk menjaga dan menuju sesuatu. Jika kamu masih bingung apa arti hidupmu, berhati – hatilah kedepannya hidupmu akan monoton seperti siklus kehidupan manusia (lahir – menuntut ilmu – bekerja – menikah – punya anak – menua – meninggal).

Di Jepang ada sebuah kota yang mayoritas penduduknya berumur lebih dari 100 tahun. Kota ini bernama kota Okinawa. Di sana para centenarian (orang berumur tua) banyak hidup berdampingan. Bahkan Okinawa mendapatkan julukan Village of Longevity karena angka harapan hidup di sana merupakan yang tertinggi di dunia. Di sana orang hidup bergotong – royong, membentuk beberapa kelompok, dan terus beraktivitas. Mungkin bayanganmu tentang kota ini adalah kakek nenek yang duduk di kursi. Nyatanya tidak ada orang yang duduk duduk berdiam diri di sana. Semuanya sibuk dengan aktivitas masing – masing. Biasanya mereka berkebun, berolahraga, pergi bersama tetangga, dan lainnya. Kenapa mereka berumur panjang dan tetap aktif? Karena mereka menerapkan ikigai di kehidupan mereka. Misalnya ada yang suka berkebun, maka rajin berkebun lalu bahagia setiap hari. Ikigai tidak harus sesuatu yang kompleks. Bisa juga sesuatu yang sederhana tetapi menjaga kita agar tetap aktif dan bahagia.

Kebanyakan orang Jepang mencintai pekerjaannya. Meskipun pekerjaannya adalah pekerjaan yang paling mudah diantara pekerjaan lainnya. Mereka tidak menjadi pasif ketika pensiun, mereka tetap aktif dengan aktivitas yang mereka sukai. Ikigai tentu merupakan hal positif. Ikigai mengajarkan agar kita tidak perlu terlalu khawatir, memiliki dan memelihara kebiasaan baik, menjadi tenang dan selalu optimis. Lalu bagaimana cara agar menemukan ikigai?

  • Jaga pikiran tetap aktif, jangan jadi pasif apalagi masih muda.
  • Tentukan tujuan hidupmu.
  • Lakukan yang terbaik.
  • Menemukan hal yang membuat bahagia.
  • Meditasi untuk emosi yang lebih sehat.
  • Pakai flow atau alur untuk mendapatkan tujuan hidupmu.
  • Menemukan ikigai dan hidup bahagia.

Baca juga : Kesalahpahaman Umum Tentang Blockchain dan Bitcoin

Sumber : Buku berjudul “Ikigai Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang” karya Hector Garcia dan Francesc Miralles.

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)