Internet Membuka Banyak Pintu Kesempatan

Internet Membuka Banyak Pintu Kesempatan

Bagaimana cara internet membuka banyak pintu kesempatan? Seperti apa kesempatan – kesempatan yang terbuka di dunia internet?

Internet berperan besar pada kehidupan manusia saat ini. Hampir semua kebutuhan kehidupan dapat dijangkau dengan mudah melalui Internet.

Apalagi sejak pandemi covid-19 Internet menjadi semakin dibutuhkan. Sehingga, Internet membuka banyak kesempatan bagi orang yang mau mendapatkan uang tambahan.

Peran besar Internet adalah memudahkan kehidupan dengan akses informasi cepat yang mudah dijangkau dan membuat penggunanya tetap terhubung. Contohnya memesan makanan melalui smartpone yang terhubung dengan Internet, bekerja remote yang dihubungkan oleh jaringan Internet, melakukan riset kecil untuk membuka bisnis online, dan masih banyak lagi contoh lainnya yang akan dibahas di artikel ini.

Tapi sebelum itu, mari kita ketahui terlebih dahulu definisi dari Internet, sejarah pendeknya, dan manfaat Internet.

Baca juga :
Kebiasaan – Kebiasaan Aneh Yang Sering Dilakukan Kucing
Apa Itu Extended Reality (XR)?

Kepanjangan dari kata Internet adalah Interconnected Networking. Secara harfiah, Interconnected Networking berarti jaringan yang saling terhubung.

Internet Membuka Banyak Pintu Kesempatan

Internet adalah jaringan komunikasi yang dapat menghubungkan komputer dengan komputer lainnya. Komputer di sini mencakup semua media elektronik yang dapat memanfaatkan jaringan Internet. Contohnya, smartphone, laptop, smartwatch, robot pembersih canggih, dan lainnya.

Cikal bakal internet bermula pada tahun 1969, sebuah penelitian tentang metode transfer data antar komputer oleh dua tim riset yang dikepalai oleh Leonard Kleinrock.

Kemudian pada tahun 1980, Cerf dan Kahn mengembangkan TCP/IP yang menyediakan jaringan interkoneksi web secara luas, besar, dan lebih efisien yang kemudian diberi nama Internet. Internet yang kita kenali pada saat ini masih dibangun dengan dasar TCP/IP.

Dulu, Internet bukan sesuatu yang umum. Namun, kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh Internet membuat Internet terimplementasi secara massal di berbagai belahan dunia.

Internet memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia, diantaranya:

  • Sarana komunikasi jarak jauh,
  • Sebagai sarana hiburan,
  • Memudahkan pemetaan alamat,
  • Mengakses informasi dan wawasan secara cepat,
  • Sarana sosialisasi dengan mudah ke banyak orang dalam satu waktu,
  • Memperlancar sistem yang perlu diakses secara online oleh banyak orang,
  • Lebih hemat tempat, biaya dan waktu,
  • Memperlancar dan mensukseskan bisnis,
  • Menghasilkan uang tambahan jika termanfaatkan dengan baik,
  • Transfer uang dengan mudah dan cepat.

Koneksi Internet yang lemot dan terputus – putus sangat mengganggu. Karena koneksi yang lemot dan terputus – putus, kita tidak dapat memanfaatkan Internet secara maksimal. Untuk mendapatkan koneksi Internet anti lemot, kita membutuhkan Paket Internet dengan kuota tanpa batas dan mudah dijangkau.

MyRepublic menawarkan #paketinternetterbaik dan #paketinternetrumah untukmu. MyRepublic menyediakan Paket Internet Rumah yang cepat, stabil, dan lebih terjangkau dengan kuota yang tanpa batas. Dengan mengunakan layanan internet fiber dari MyRepublic, kita dapat mengambil kesempatan yang terbuka di dunia Internet secara maksimal tanpa ada gangguan.

Dunia Internet itu luas dan saling terhubung. Internet membuka banyak pintu kesempatan bagi penggunanya untuk memenuhi kebutuhan orang lain di dunia Internet. Orang – orang yang perlu dicukupi kebutuhannya berasal dari berbagai daerah dan negara, mereka memiliki tujuan tertentu pada saat terhubung ke dunia Internet. Oleh karena itu, kesempatan yang terbuka di dunia Internet banyak dan terdapat di berbagai bidang.

Berikut ini beberapa contoh kesempatan untuk menghasilkan uang tambahan melalui dunia Internet:

1. Berkarya

Internet Membuka Banyak Pintu Kesempatan

Karya adalah sesuatu yang dibuat oleh seseorang yang dapat dinikmati atau diambil manfaatnya. Kata siapa kita tidak bisa berkarya di dunia Internet? Dunia Internet malahan menjadi tempat berkarya yang paling mudah dijangkau. Semua informasi dan hiburan yang kita dapatkan di dunia Internet disebut konten. Konten dibuat oleh orang yang berkarya baik secara perorangan atau berkelompok. Jangan diremehkan, konten dapat menghasilkan banyak uang tambahan ketika memiliki banyak audiens dan dimonetisasi dengan baik.

Apa saja bentuk karya di dunia Internet? Bentuk karya di dunia Internet diantaranya, tulisan, video, lagu, gambar, perangkat lunak. Bentuk – bentuk karya ini memenuhi kebutuhan akan hiburan, akses informasi, pengetahuan, berbelanja, mengirim uang, bersosialisasi, dan lainnya.

Contoh karya – karya di dunia Internet yang menghibur adalah video berunsur seni, video komedi, dan film pendek yang ada di YouTube, TikTok, dan Instagram, aplikasi game yang ada di PlayStore, novel di tempat jual buku online, tulisan tweet yang menghibur, dan lainnya.

Internet Membuka Banyak Pintu Kesempatan

Contoh karya – karya di dunia Internet yang berisi informasi dan pengetahuan adalah artikel – artikel di website, foto yang memperkuat pengetahuan, video tutorial di YouTube, video edukasi di aplikasi media sosial dan YouTube, dan tulisan tweet yang bersifat edukasi.

Contoh karya yang berhubungan dengan jual beli adalah aplikasi atau perangkat lunak jual beli, video promosi di aplikasi jual beli, teks dan foto di aplikasi jual beli, video promosi di media sosial, teks promosi di website, dan lainnya.

Contoh karya yang berhubungan dengan pengiriman uang adalah video tutorial mengirim uang di YouTube ataupun media sosial, video edukasi tentang keamanan, artikel tentang pengiriman uang, aplikasi atau perangkat lunak pengiriman uang yang legal, dan lainnya.

2. Bisnis Online

Bisnis sangat terbantu karena adanya Internet. Promosi mudah yang dapat menjangkau ke berbagai daerah, komunikasi jarak jauh secara real-time, pembayaran yang mudah, dan tracking barang yang sudah dikirim. Ini semua diwujudkan oleh Internet.

Kita dapat berbisnis barang online melalui website toko online pribadi, marketplace, dan media sosial.

Bisnis online ada berbagai macam, tidak hanya berupa barang yang dapat disentuh. Kita dapat menjual foto, video, dan instrumen di dunia Internet. Terdapat website marketplace tertentu yang memenuhi kebutuhan untuk jual-beli barang yang tidak dapat disentuh. Selain melalui website, kita juga dapat menjualnya secara langsung dari media sosial.

Selain itu, kita juga dapat menyediakan jasa melalui dunia Internet. Contoh bisnis jasa yang bisa disewa/dijual melalui dunia Internet adalah jasa ojek online, jasa kebersihan, jasa guru les online, jasa titip barang, jasa top-up online, sewa jasa transportasi untuk pariwisata, sewa hotel melalui aplikasi, dan lainnya.

Berbicara tentang bisnis online tidak luput dari pembayarannya yang sangat mudah dan sederhana. Apa sih yang ada dibalik kemudahan yang kita nikmati ini? Jaringan Prima ada dibalik semua kemudahan ini. Top-up onlinemu menjadi sangat mudah dengan jaringan prima.

#jaringanprima mewujudkan kemudahan berbisnis melalui fitur – fitur QRIS. Bisnis dapat merambah hingga ke pasar internasional dengan lancar karena transaksi dari dalam dan luar negeri terjamin aman, cepat, dan #mudahpakaiprima sehingga pengirim dan penerima tenang dan tidak repot.

3. Bekerja Lepas

Bekerja lepas atau sering disebut dengan freelancing adalah ketika seseorang menjual jasa keterampilannya untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan atau masalah. Freelancer adalah sebutan untuk pekerja lepas.

Walaupun freelancer pernah bekerja atau menyelesaikan masalah di sebuah perusahaan, freelancer tidak terikat dengan perusahaan tersebut. Freelancer akan dibayar ketika pekerjaan yang ditugaskan sudah selesai sesuai dengan ketentuan yang sudah disetujui oleh kedua pihak.

Freelancing bisa dilakukan secara online melalui website khusus untuk freelancer ataupun menawarkan jasa keterampilan secara langsung melalui media sosial.

Jasa keterampilan yang dapat dijual diantaranya, menulis artikel, entri data, membantu menyelesaikan error pada software jadi, membuat software, membuat website, dan lainnya.

4. Bekerja Remote

Bekerja remote adalah bekerja yang dilakukan secara remote dari tempat yang jaraknya jauh dari perusahaan. Sekarang sudah ada beberapa perusahaan yang secara khusus menyediakan pekerjaan untuk pekerja remote. Jenis perusahaan yang biasanya membuka lowongan khusus untuk pekerja remote adalah perusahaan teknologi.

Bekerja remote dan freelancing sama sama dilakukan online, namun bekerja remote terikat dengan perusahaan. Tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari diinstruksikan dan dikomunikasikan secara online. Bidang pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote diantaranya, konten creator, programming atau teknologi, marketing, dan lainnya.

Internet membuka banyak pintu kesempatan. Kesempatan yang ditawarkan Internet dapat menghasilkan uang tambahan. Namun, tidak ada jalan pintas untuk mendapatkan uang tambahan. Hanya orang – orang yang gigih dan tekun yang akan merasakan hasilnya.

Baca juga: Berbagai Jenis Algoritma Pada Machine Learning