Josi Kie

Apa Itu Algoritma? Algoritma dan Contohnya

Apa Itu Algoritma? Algoritma dan Contohnya

Apa itu algoritma ? Apa kegunaan dari algoritma? Seperti apakah algoritma itu? Setiap perhitungan matematika tidak jauh dari algoritma. Algoritma adalah suatu proses yang mana proses tersebut mengandung logika yang akan menyelesaikan sebuah masalah atau menghasilkan sebuah hasil.

Berikut adalah lanjutan dari istilah-istilah di pasar modal bagian I :

1. Tanggal DPS (Daftar Pemegang Saham)

Tanggal dimana investor masih tercatat/terdaftar sebagai pemegang saham.

2. Price Earning Ratio (PER)

Indikator yang menunjukkan berapa kali besarnya penilaian publik/investor terhadap potensi keuntungan yang akan didapat perusahaan per saham yang
tercermin dalam harga pasar. Secara umum, semakin besar PER membuat investor semakin percaya. Akan tetapi bisa berarti harga saham semakin mahal. Biasanya digunakan untuk perusahaan sektor riil.

3. Strategic Listing

Perusahaan menjual sahamnya di Bursa, tetapi hampir sebagian besar/seluruhnya dibei kembali sehingga saham yang beredar di publik untuk dapat diperdagangkan menjadi sangat terbatas.

4. Tindakan Korporasi (Corporate Action)

Setiap tindakan emiten yang memberikan hak kepada seluruh pemilik manfaat atas efek dari jenis dan kelas yang sama seperti hak untuk menghadiri rapat umum pemegang efek, hak untuk memperoleh dividen tunai, dividen efek, bonus efek, bonus tunai, hak memesan efek terlebih dahulu, waran, atau hak-hak lainnya.

5. Take Profit va Cut Loss

Take Profit adalah tindakan melakukan penjualan saham yang dimiliki/telah dibeli setelah mencapai level harga/target yang direncanakan /diinginkan.

Cut Loss dalah tindakan melakukan penjualan saham yang dimiliki/telah dibeli untukmenghidari kerugian yang lebih besar yang disebabkan oleh pergerakan harga berlawanan dengan yang diperkirakan.

6. Penawaran Tender

Penawaran melalui media massa untuk memperoleh efek bersifat ekuitas dengan cara pembelian atau pertukaran dengan efek lainnya.

7. Perusahaan Publik

Perseroan yang sahamnya telah dimiliki sekurang-kurangnya Rp 3000.000.000,00 (tiga miliar rupiah) atau suatu jumlah pemegag saham dan modal disetor yang ditetapkan dengan peraturan pemerintah.

8. Nilai Nominal (Nominal/Par Value)

Nilai yang tertera pada lembaran surat saham yang besarnya ditentukan dalam anggaran dasar perusahaan.

9. Nilai Buku Per Saham (Price Book Value =PBV)

Indikator yang menunjukkan berapa kali besarnya penilaian publik terhadap harga buku/nilai perusahaan per saham yang tercermin dalam harga pasar di Bursa. Semakin besar nilainya artinya semakin tinggi apresiasi investor terhadap nilai perusahaan tersebut.Biasanya digunakan untuk menilai perusahaan-perusahaan jasa keuangan.

9. Kapitalisasi Pasar (Market Capitalization)

Indikator yang menunjukkan nilai pasar saham yang berasal dari perkalian saham (market price) denga jumlah lembar saham yang telah disetor.

10. Kliring

Proses penentuan hak dan kewajiban yang timbul dari transaksi Bursa. Kliring dilakukan oleh KPEI (Kliring Penjamin Efek Indonesia). kliring atas transaksi bursa dilakukan dengan cara netting dengan inovasi.

   11. Netting

Kegiatan kliring yang menimbulkan hak dan kewajiban bagi setiap anggota kliring (AK) untuk menyerahkan atau menerima saldo efek tertentu untuk setiap jenis efek yang akan ditransaksikan dan untuk menerima atau membayar untuk seleruh efek yang ditransaksikan. Broker yang menjadi anggota bursa (AB) juga tercatat sebagai anggota kliring (AK).

   12. Novasi

Pemindahan hubungan hukum antar AK yang menimbulkan efek dan kewajiban transaksi bursa yang dilakukannya, beralih menjadi hubungan hukum antara (AK) yang bersangkutan dengan KPEI (fungsi mitra penimbang/counterpart). Dengan menempatkan diri sebagai mitra penimbang, KPEI menjamin penyelesaian Transaksi Bursa dari masing-masing anggota klliring baik beli maupun jual.

   13. Shares Buyback

Tindakan emiten untuk membeli kembali sebagian saham yang telah beredar atau berada ditangan pemegang saham pubik. Dengan adanya pemelian kembali saham, maka jumlah saham yang beredar di publik menjadi lebih kecil.

   14. Margin Trading

Transaksi bursa yag dilakukan oleh anggota bursa efek untuk kepentingan nasabahnya yang penyelesaian transaksinya dibayai oleh anggota bursa efek tersebut.

   15. Margin Call

Batasan % dimana nasabah harus menambah jumah uang setoran sebagai akibat turunnya harga saham yang dimilikinya (ketentuan yang berlaku sebesar 65%).