Josi Kie

Dasar Pemrograman Java 3

Dasar Pemrograman Java 3

Setelah belajar Dasar Pemrograman Java 2, kita akan belajar Dasar Pemrograman Java 3. Yang mana berisi materi dan praktek yang lengkap penjelasanya tentang looping (perulangan) dan array

Pedih

Pedih

Pagi ini indah ya…,
Sangat indah dan
Mentaripun begitu sangat
Cantik dan indah

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Android 10 dan Android Pie adalah rilis baru operating system Android. Android Pie rilis pada tahun 2018, sedangkan versi Android 10 rilis pada tahun 2019. Fitur – fitur pintar banyak bertambah. Untuk tahun 2019, Android 10 adalah versi Android terbaru meskipun belum semua smartphone dapat menggunakan operating system versi Android 10.

Tahukah kamu? Java adalah bahasa pemrograman ajaib yang dapat menghasilkan aplikasi pada dekstop, smartphone, smartwatch, TV, web, dan lainnya. Bahasa pemrograman Java sangat berguna bagi perkembangan teknologi di Bumi. Wah, hebatnya bahasa pemrograman satu ini. Bagaimana sejarah terlahirnya?

Bahasa Java merupakan salah satu bahasa pemrograman Multi-platform yang berorientasi pada objek. Java terkenal dengan slogannya, WORA (Write Once Run Anywhere) atau dalam bahasan Indonesianya, tulis sekali jalankan dimana saja.

Java dan sejarah kehadirannya tentu sangat disukai oleh programmer maupun developer. Pasalnya bahasa ini sangat melegenda setelah dirilis.

Baca juga : Kenapa kamu harus belajar Java?

Pertama kali Java dikembangkan pada tahun 1990 oleh James Gosling. Alasan James Gosling mengembangkan bahasa Java karena beliau tidak puas dengan bahasa pemrograman C maupun bahasa pemrograman C++. Bahasa pemrograman ini baru dirilis 5 tahun kemudian. Proyek yang mengembangkan bahasa pemrograman Java adalah The Green Project. Lama proyek ini sekitar 18 bulan. Dimulai dari awal tahun 1991 sampai dengan musim panas 1992. Di awal pembuatan, nama bahasa pemrograman ini bukanlah Java, melainkan Oak. Jadi, tidak secara langsung diberi nama Java? Oh, tentu saja tidak.

Nama “Oak” terinspirasi dari pohon yang ada tumbuh didepan jendela ruang kerja James Gosling. Sayang sekali, nama Oak telah digunakan oleh perusahaan lain sebagai merek dagang produknya. Tidak mudah untuk mengganti nama sebuah bahasa pemrograman. Banyak perdebatan terjadi. Diperlukan waktu berhari – hari dan usul dari banyak orang Sun Microsystem. Setelah itu, beberapa bnama – nama kandidat yang terpilih adalah Java, DNA, dan Silk. Namun yang terpilih adalah java.

Begitu dirilis pada tanggal 23 Mei 1995, bahasa ini langsung menjadi bahasa pemrograman favorit. Apalagi Sun Microsystems membagikan source code secara gratis sehingga memudahkan pemrogram untuk belajar dan menggunakan bahasa pemrograman Java. Bahasa pemrograman Java memiliki banyak kelebihan. Hal itulah yang menyebabkan bahasa pemrograman ini sering disebut – sebut bahasa pemrograman ajaib dan disukai banyak pemrogram.

Java dan sejarah kehadirannya yang membuat perubahan di dunia IT, pengembangan lebih banyak setelah lahirnya bahasa pemrograman ini. Dari mobile, website, dan artificial intelligence.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk belajar bahasa pemrograman Java?

Baca juga : Tutorial Membuat Aplikasi Football Scores Menggunakan Android Studio (Java)

Sekian, Terimakasih:)

*diambil dari berbagai sumber