The Daily Journal

Jenis – Jenis Emas Berharga

Jenis – Jenis Emas Berharga ? Apa saja Jenis – Jenis Emas Berharga itu? Seperti apa contohnya?

Jenis - Jenis Emas Berharga
Jenis – Jenis Emas Berharga

Emas merupakan salah satu batuan berharga yang ada di bumi. Sejak zaman dahulu emas sudah memiliki nilai (berharga). Bahkan emas pernah menjadi mata uang di masa lampau. Seperti uang koin yang terbuat dari emas pada zama kekaisaran Romawi kuno. Tentunya emas tidak langsung berwujud koin. Bentuk asli emas dari alam diantaranya batuan dan berupa bijih.

Baca juga :
Manfaat Bawang Putih Yang Perlu Diketahui
Manfaat Bawang Merah Yang Harus Kamu Ketahui

Batuan emas dihasilkan dari proses magmatisme (lebur, keluar, dan membatu). Juga ada dugaan bahwa asal mula emas bukan dari Bumi. Melainkan berasal dari tabrakan antar dua bintang yang melepaskan unsur – unsur berat. Hingga saat ini emas masih banyak digunakan dikehidupan manusia. Contohnya sebagai perhiasan dan lainnya. Oleh karena itu, emas memiliki banyak jenis. Berikut ini jenis – jenis emas :

1) Emas Batangan

Emas batangan adalah emas berbentuk batangan. Emas batangan biasanya digunakan sebagai emas moneter. Yaitu emas sebagai alat pembayaran yang sah. Banyak bank di dunia yang memiliki emas moneter. Salah satunya bank Indonesia. Tidak hanya bank yang bisa memiliki emas batangan. Kita juga bisa memiliki emas batangan. Dimana beli emas batangan? Beberapa tempat yang menjual emas batangan diantaranya pegadaian, gedung pusat Antam, unit bisnis Antam, dan masih banyak tempat lainnya.

2) Emas Koin

Emas koin adalah emas berbentuk koin yang bisa dibentuk dari emas ataupun dicampur dengan logam lainnya. Emas koin dulu dijadikan mata uang di beberapa negara pada zaman dulu seperti kesultanan Utsmaniyah, Britania Raya, dan lainnya. Bukan hanya orang dulu yang bisa memiliki emas koin. Kita orang jaman sekarang pun bisa. Banyak yang menjual koin koin emas seperti Gedung Pusat Antam, Butik Emas LM Antam, Pegadaian, dan toko – toko online terpercaya.

3) Emas Granule

Tidak hanya batu yang punya bentuk butiran, emas juga ada yang berbentuk butiran – butiran kecil. Emas Granule adalah emas yang berbentuk butiran dan dapat dilebur tanpa mengubah nilainya. Biasanya emas Granule dijadikan bahan untuk kebutuhan Industri. Misalnya perhiasan, campuran untuk logam, bahan pembuatan kawat, dan sebagainya. Emas Granule Sudah jarang dijual di toko – toko. Tetapi kamu masih bisa mendapatkan emas Granule di toko – toko online seperti di OLX, Bukalapak, dan lainnya.

4) Emas Perhiasan

Emas perhiasan adalah emas yang biasa digunakan oleh manusia untuk mempercantik diri melalui hiasan. Sepeti anting emas, gelang emas, cin – cin emas, gelang kaki emas, dan sebagainya. Emas ini sangat banyak dijual di pasaran. Bahkan banyak toko toko khusus untuk emas perhiasan. Tentunya harga emas perhiasan terkadang lebih mahal karena ongkos buat atau membentuk emas menjadi lebih indah.

Sebenarnya ada juga emas online berupa investasi emas. Kamu tertarik sama jenis emas yang mana? Tentunya sama – sama berharga dong.

Baca juga : Kegiatan Positif Yang Dapat Dilakukan Selama Masa Karantina

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)