The Daily Journal

Jurusan – Jurusan yang ada di SMK dan SMA

Bagi adik – adik yang mau lulus smp alias kelas 9, menentukan sekolah kejenjang selanjutnya itu sangat penting karena di jenjang pendidikan setelah smp adalah jenjang pendidikan yang mulai serius dan lebih nyata. Kalian harus berpikir panjang dulu sebelum daftar ke sebuah sekolah jangan asal – asalan ya supaya masa depan kalian juga gak asal – asalan. Ada yang berpikir yang penting sekolah dimana aja boleh asalkan tetep sekolah, ikut temen aja dah mau sekolah dimana. 

Pemikiran seperti itu boleh-boleh saja dan tidak ada salahnya tetapi coba berpikir lebih bijak lagi, masa depan kalian ada ditangan kalian bukan ditangan orang lain. Yang akan merasakan juga kalian bukan orang lain. Jadi ayo adik – adik pikirkan apa cita – cita kalian dan bagaimana supaya cita – cita itu tercapai? Yang pertama kalian harus menentukan jurusan yang akan mengantarkan kalian ke cita – cita kalian. Ada 2 jenis sekolah yang memiliki perbedaan di Indonesia, yaitu SMA dan SMK.

SMA 

Biasanya SMA memiliki 3 jurusan yaitu, IPA, IPS dan Bahasa. Begini penjelasannya :

  1. IPA 

Jurusan ini cocok untuk kalian yang suka hitung – hitungan dan bercita – cita ingin menjadi dokter. Jurusan ini banyak mencetak prestasi karena biasanya berisi anak – anak berotak cerdas. Jangan langsung membayangkan jurusan ini berisi kutu buku lah, anak ketinggalan jaman lah, kuper lah dan lainnya. Nyatanya anak IPA juga keren – keren bahkan, ada selebgram yang masuk jurusan IPA. Sering dikatakan jurusan ini menjamin.

      2. IPS

Siapa yang suka baca buku historical (buku berisi sejarah)? nah cocok banget masuk IPS apalagi kalau jago hafalan. Walaupun IPS terkenal dengan anak nakalnya tapi jangan remehin jurusan ini. Banyak anak IPS yang setelah dewasa menjadi pengusaha. Bahkan guru SMP ada yang berkata seperti ini “Masuk IPA kalian jadi dokter, masuk IPS kalian yang punya rumah sakitnya”.    

       3. Bahasa

Ada yang suka sastra? kalian bisa masuk jurusan ini jika suka. Selain itu dijurusan ini juga akan diajari berbagai bahasa asing seperti, Jerman, Jepang, Inggris, Mandarin, dan masih banyak lagi. Cocok buat yang mau kerja dihotel atau pun yang mau jadi translator. Kalian bisa kerja diperusahaan internasional sebagai pembicara untuk tamu maupun klien asing. 

Itu dia jurusan yang ada di Sekolah Menengah Atas. 

SMK

Sekolah Menengah Kejuruan adalah sekolah yang berbeda dari SMA. Sekolah ini lebih spesial karena memiliki banyak jurusan yang jelas akan pergi kemana ketika lulus nanti. Kalian akan diajarkan dasar yang paling dasar di jurusan yang kalian pilih bila kalian masuk SMK. Di sekolah saya, SMKN 1 PANJI ada 15 jurusan yang mungkin juga ada di beberapa SMK di Indonesia. Berikut jurusan – jurusan tersebut :

1 ) RPL ( Rekayasa Perangkat Lunak) 

Termasuk jurusan IT dan komputer. Kalian akan diajari berbagai dasar bahasa pemrograman yang akan kalian gunakan untuk membuat perangkat lunak (software).  Jurusan ini cocok bagi yang mempunyai cita – cita menjadi programmer, developer android, developer web, data analis, security web, game developer, dan masih banyak lagi lainnya. Tips nya kalau masuk jurusan ini adalah sering mengulang sendiri pembuatan program yang diajari oleh guru pengajar.

2 ) TKJ ( Teknik Komunikasi & Jaringan )

TKJ adalah singkatan dari Teknik Komputer Jaringan. Termasuk jurusan IT namun berbeda dengan RPL. TKJ merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang cara-cara merakit komputer dan menginstalasi program komputer. TKJ diajari bagaimana merangkai perangkat keras (hardware) komputer dan alat mesin lainnya. Istilahnya kalau RPL membuat otak dan jiwa komputer, Maka TKJ membuat badan dan tempat organnya. Lulus dari sini kalian bisa bekerja di Perusahaan elektronik, Perusahaan teknologi permesinan, Jadi tukang servis laptop dan computer, membuka les privat dan masih banyak lainnya. Peluang kerja besar.

3 ) MM (Multi Media)

Termasuk dalam jurusan IT dan merupakan jurusan dalam bidang komunikasi. Kalian akan diajari dasar – dasar ilmu komunikasi dengan menggunakan berbagai bentuk media. Biasanya kalian akan diajari bagaimana cara menggunakan Adobe photoshop, Adobe flash cs3, Corel draw, Kine master, dan masih banyak lagi app dan exe pengeditan yang lain. Banyak lulusan multimedia bekerja sebagai perancang situs, bahkan perancang grafis dalam membangun merek perusahaan. Periklanan terutama periklanan online merupakan sebuah industri yang berkembang pesat dan menyediakan gaji yang besar bagi pekerjaan tingkat tinggi. Selain itu, kalian bisa membuat desain suatu app. RPL, TKJ, & MM memiliki saling keterkaitan. Di ibaratkan manusia, jika RPL membuat otak dan jiwanya, TKJ membuat badan dan tempat organnya, maka MM membuat desain seperti apa bentuknya dan warnanya, seperti apa baju yang akan dikenakan oleh manusia tersebut, menentukan warna kulit manusia tersebut, keriting atau lurusnya rambut, pokoknya MM bekerja ditampilan. 

4 ) DKV (Desain Komunikasi Visual)

Jurusan ini hampir mirip dengan jurusan MM, namun jurusan ini merupakan jurusan murni seni. DKV adalah perpaduan seni desain tradisional (pakai kertas dan gambar) dengan teknologi digital. Banyak hal-hal dasar yang dipelajari di jurusan ini seperti, menggambar anime, menggunakan app infinite desain, menggunakan adobe photoshop. Tujuan jurusan ini lebih mendalam adalah mengembangkan bentuk bahasa visual (bermain gambar), mengolah pesan (bermain kata) keduanya untuk tujuan sosial maupun komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada kelompok lainnya. Visual berwujud kreatif dan inovatif, sementara inti pesan harus komunikatif, efisien dan efektif saling mendukung agar tersampaikan dengan baik pada sasaran. Lulus dari sini Kalian bisa menjadi web desainer, visual desainer di penerbitan dan percetakan, graphic desainer, illustrator, creative director, art director, freelance desainer.

5 ) Akuntansi

Cocok untuk kalian yang suka hitung – hitungan dan suka tentang keuangan. Dikatakan masa depan terjamin jika masuk jurusan ini. Di SMK akan diajarkan tentang akuntansi dasar. Yang dimaksud dengan Akuntansi adalah proses menelusuri transaksi keuangan dari suatu perusahaan. Selama dimana ada transaksi keuangan, perusahaan perlu melacak keluar masuknya aliran dana mereka untuk menentukan rugi laba yang diperoleh. Hal ini sangatlah penting dalam menilai kemajuan dalam suatu perusahaan. Kalau kalian masuk jurusan ini, kalian bisa menjadi seorang akuntan, penasihat keuangan di bank, penganalisa resiko-resiko di perusahaan asuransi, dan masih banyak lagi. 

6 ) Perbankan


Di SMK kalian akan benar-benar diajari dasar – dasar perbankan, semua tentang bank. Jurusan ini terkesan elite. Beda jurusan ini dengan jurusan akuntasi adalah jurusan perbankan akan lebih berkonsentrasi pada seluruh kegiatan yang berhubungan dengan bank seperti perhitungan uang, pembukuan, hingga dokumentasi. Kalian yang suka perhitungan dengan logika sederhana bisa masuk jurusan ini.  Setelah lulus, kalian bisa jadi Teller, Marketing,  Surveyor , Collector, Costumer Service dan lainnya.  

7 ) Perhotelan

Yang saya tau, teman – teman saya yang masuk jurusan ini punya banyak uang ceperan. Kalian akan diajari bagaimana menata ruangan sesuai tema.
Di jurusan SMK Perhotelan siswa akan diajari seluk beluk pekerjaan di hotel. Eitsss…..jurusan ini bukan untuk mencetak tukang bersih-bersih hotel ya? Tapi disini kalian akan belajar tentang standar hotel dan pelayanan hotel. Tujuannya adalah untuk mencetak tenaga kerja hotel yang siap pakai dan mumpuni dari segi akademis maupun praktik. Prospek kerjanya, lulusan jurusan SMK Perhotelan dapat bekerja di hotel bintang 5 sampai yang standar internasional.

8 )  Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)

Merupakan jurusan yang mempelajari segala dasar tentang administrasi perkantoran. Kalian yang punya cita – cita untuk jadi sekretaris cocok nih. Tenang aja….. selain cewek, cowok juga bisa. Kalian juga diajari ilmu komunikasi, mengatur kelancaran operasional sehari-hari serta mengkoordinir acara-acara jika ada, Pengetahuan dan keteramilan dalam bidang korespondensi, manajemen kearsipan, mengetik 10 jari, kemampuan bahasa inggris, dan lain-lain. Dengan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan Administrasi Perkantoran diharapkan dapat menghasilkan pekerja yang bertanggung jawab dalam mengatur aktifitas perusahaan dan perantara antara atasan dengan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan atasan. Lulus dari sini kalian bisa bekerja di perusahaan – perusahaan. Biasanya anak OTKP orang nya ramah – ramah.

9 ) Jasa Boga

Siapa yang suka masak? bisa nih masuk jurusan ini, dibutuhkan ketelitian dan kesabaran. Jurusan ini termasuk jurusan layanan makanan. Salah satu kompetensi yang bergerak untuk pelayanan makanan dan minuman, dimana kompetensi ini berawal dari proses Tata Boga guna mempersiapkan makanan hingga mengemas makanan, kemudian dilanjutkan ke tahap jasa boga sebagai layanan penjualan produk makanan dan minuman. Lulus dari sini kalian bisa jadi koki, bisa kerja di hotel, Manajer Katering, Manajer Restoran, Bagian Pengadaan Barang untuk perhotelan serta toko-toko makanan dan banyak lainnya.

10) Tata Busana

Di jurusan ini, kalian akan diajari ilmu tentang merancang busana paling dasar. Cocok buat yang suka gambar – gambar baju di kertas kosong. Selain mempelajari tentang merancang busana, juga mempelajari bagaimana cara memasarkan produk, cara melihat tren fashion, menciptakan tren fashion, hingga menggunakan teknologi untuk menyelesaikan hasil karya mereka. Lulus dari sini kalian bisa membuka usaha jahit. Jika kalian terus melanjutkan kuliah, kalian bisa jadi seorang fashion desainer, fashion merchandising, fashion buying, fashion marketing & PR, fashion production & management, jurnalis fashion, periklanan bahkan fashion teknologi.

11 ) TKK (Teknik Kecantikan Kulit)

Jurusan ini akan memberikan kalian ilmu facial Manual, Facial Teknologi, Manicure, Pedicure, SPA / Body Treatment, Breast Treatment, Rias Panggung, Rias Karakter, Rias Pengantin, Creambath, Hair Mask, Hair SPA, Rebonding, Pewarnaan Rambut, Pengeritingan, Smoothing, Sanggul, dan lainnya. Pokoknya seru deh masuk jurusan ini. Ada syaratnya yaitu harus berjenis kelamin perempuan jika mau masuk jurusan ini. Alias cowok gak bisa masuk jurusan ini. Lulus dari sini kalian bisa jadi make up pengantin, kerja di salon atau pun buka salon sendiri, kalau kalian serius di jurusan ini dan melanjutkan jurusan ini terus ke kuliah, kalian bisa menjadi seorang make up artis.

12 ) Pemasaran

Disebut – sebut jurusan buangan, ah masa sih ? malah menurut saya ini salah 1 jurusan unggulan. Kenapa ? Karena sukses adalah bila seseorang bisa memasarkan produk dengan baik. Sebagus apapun produk itu bila tidak dipasarkan apa ada yang mau beli? Tentu tidak. Kalian yang masuk jurusan ini akan diajari dasar pemasaran, manajemen, ekonomi. Lulus dari sini kalian bisa jadi seorang sales,  kerja di swalayan, membuka usaha sendiri, dan jika kalian melanjutkan kuliah, kalian bisa jadi seorang manajer ataupun direktur.

13 ) Alfaclass

Salah satu jurusan unggulan dan juga termasuk pemasaran. Bedanya adalah alfaclass mempunyai lab sebuah alfa kecil. Kalian akan diajari bagaimana mereturn barang, menjadi kasir, dan masih banyak lagi. Alfamart bekerja sama dengan SMK yang memiliki jurusan pemasaran, dimana para guru dan siswa dibekali pengetahuan manajemen ritel. Lulus dari SMK, kalian bisa langsung kerja di alfamart, maupun membuka usaha sendiri.

14 ) Pertanian


Belakangan ini, studi pertanian telah menjadi bidang yang berkembang secara cepat dan dinamis. Kalian yang suka menanam bisa masuk jurusan ini. Yang akan dipelajari di jurusan ini adalah dasar – dasar kelanjutan sumber daya, rekayasa genetika tanaman, perkembangan teknologi agrikultur, metode pertanian secara organik dan berbagai masalah lingkungan seperti perubahan cuaca. Lulus dari sini kalian bisa kerja di perusahaan, menjadi petani, meniti karier 
karir di bidang agrikultur, pelestarian lingkungan atau pun penelitian ilmiah yang berbasis lingkungan.

15 ) Perikanan

Jurusan perikanan bertujuan untuk membentuk siswa yang mampu memanfaatkan potensi sekitar di bidang perikanan. Baik itu potensi laut maupun darat di bidang perikanan. Jurusan ini mempelajari semua dasar tentang perikanan.


Setiap jurusan ada enak dan dak enaknya guys. Mana ada sih hidup gampang? Paling tidak ya harus berjuang agar bisa hidup normal.

Hayooo kalian mau masuk jurusan mana? wkwkwk 

           

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *