Pengetahuan umum

Kaktus Kendil (Mammillaria xantina) dan Keunikannya

Kaktus kendil mungkin namanya agak terdengar aneh, bentuknya yang bulat membuat tanaman hias ini dinamakan kaktus kendil.

kaktus kendil

Di antara sekian banyak Kaktus dari jenis – jenis Mammillaria yang memiliki bentuk bulat, salah satunya adalah Mammillaria xantina. Kaktus ini berasal dari Meksiko dan Amerika tengah. Biasanya tumbuh di daerah dataran tinggi yang banyak nengandung humus dan pasir.

Tubercle (bagian yang menonjol) pada batang jelas terlihat pada Kaktus ini. Duri – durinya tumbuh dari bagian ujung setiap tubercle.

Pada setiap celah atau bagian di antara tubercle terdapat bulu – bulu halus yang pendek dan tumbuh sangat rapat berwarna putih bersih. Duri radial maupun duri sentral tidak banyak.berbeda baik ukuran maupun warnanya. Duri – duri ini berwarna agak putih.

Duri Kaktus ini mempunyai perpaduan warna antara abu – abu coklat dan hitam, panjangnya 1,25 sampai 3,8 C. Pada aerol selain duri juga terdapat bulu – bulu halus yang menyerupai benang wol.

Bunganya berwarna putih. Mekarnya pada pagi hingga siang. Bunga kaktus pagoda tumbuh di bagian atas batang dekat sumbu duri rusuk. Mulai berbunga setelah berusia 2 setengah tahun. Setiap kali berbunga 4 sampai 6 kuntum. Pada saat mekar garis tengahnya mencapai 2,5 sampai 7,5 cm.

Buah Kaktus ini hampir menyerupai tangkai bunganya. Tidak berduri maupun berbulu. Panjangnya 3,8 cm. Masih muda warnanya hijau dan merah setelah masak. Bila ditanam bijinya, tumbuhnya agak lamban.

Warna batangnya berbeda pada setiap jenisnya, tapi umumnya berwarna hijau atau warna gelap.

Sumber : Flora Indonesia Kaktus, diterbitkan oleh P.T. (Persero) Gita Karya.

Ketahui jenis kaktus lainnya

No Comments

    Leave a Reply