Pengetahuan umum

Kaktus Kepala Emas (Penjelasan dan Ciri – Ciri)

Kaktus kepala emas adalah jenis kaktus hasil silangan yang berwarna ke-emasan. Nama latinnya Gymnocalcyium mihanovichii var Golden cap.

Kaktus Kepala Emas

Seperti umumnya jenis Gymnocalcyium mihanovichii, maka Kaktus ini pun memiliki rusuk – rusuk yang tebal dan memilih pada ujungnya. Pada ujung yang tipis inilah terdapat aerol – aerol yang mempunyai bulu – bulu halus berwarna putih.

Duri – duri, baik sentral maupun radial, semuanya berwarna putih. Panjangnya 0,8 sampai 1,6 cm. Yang menjadi tanaman asli dari Kaktus silangan ini adalah dari jenis Gymnocalcyium mihanovichii. Silanganbya disebut hibotan.

Dalam pemeliharaan nya, Kaktus kepala emas sekarang – kurangnya 1 tahun sekali harus diadakan penggantian medianya, untuk memberi makanan yang baru bagi Kaktus silangan ini.

Selain itu, Batang temelannya juga memerlukan perakaran yang baru. Yaitu dengan jalan memotong bagian bawah temtumbuh akar dari Batang tersebut. Setelah itu mendiamkannya pada tempat yang gelap, sehingga Batang itu mengeluarkan akar barunya. Sayangnya Kaktus – kaktus silangan ini belum pernah ditemukan yang berbunga.

Sumber : Flora Indonesia Kaktus, diterbitkan oleh P.T. (Persero) Gita Karya

klik Kaktus Sanggul untuk mengetahui jenis jenis kaktus lainnya

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply