Pengetahuan umum

Kaktus Kepala Hitam ( Jenis Gymnocalcyium)

Kaktus Kepala hitam mungkin sangat unik didengar dari namanya.

Kaktus Kepala Hitam

Kaktus kepala hitam memiliki sejarahnya sendiri. Salah satu hasil silangan yang dilakukan di Jepang pada tahun 1940 dari Kaktus jenis Gymnocalcyium mihanovichii adalah yang berwarna hitam atau Gymnocalcyium mihanovichii var black cap. Kaktus ini mempunyai aerol yang ditumbuhi oleh bulu – bulu halus seperti wol, berwarna putih. Duri – duri tumbuhan ini terlihat keluar dari tempatnya berukuran panjang dan kuat. Berjumlah 3 sampai 9 setiap aerolnya.

Batang penumpu yang menunjang kehidupan jenis Kaktus ini adalah jenis Myrtillacactus atau jenis cerius. Batang tempelan (under stamp) memerlukan perakaran yang baru, yaitu dengan jalan memotong bagian bawah dekat akarnya. Setelah dipotong, lalu diletakkan pada tempat terbuka yang tidak kena sinar matahari langsung selama kurang lebih 2 Minggu, sampai bekas potongan tadi menjadi kering.

Selain itu dalam jangka waktu kurang lebih 1 tahun, kaktus tempelan ini memerlukan penggantian media. Agar memberi bahan kehidupan yang baru. Berkembang biaknya melalui anakannya yang memiliki warna sama dengan induknya.

Sumber : Flora Indonesia Kaktus, diterbitkan oleh P.T. (Persero) Gita Karya.

klik kaktus kentang untuk mengetahui jenis kaktus lainnya. Atau jelajahi wikipedia tentang kaktus.

No Comments

    Leave a Reply