Pengetahuan umum

Kaktus Kepala Merah Jenis Gymnocalcyium

Kaktus Kepala Merah (Gymnocalcyium mihanovichii var Red cap) memiliki nama yang sangat unik untuk didengar, bagaimana tidak? Nama tumbuhan jenis ini adalah Kaktus Kepala Merah.

Kaktus Kepala Merah

Kali ini adalah tentang Kaktus merah (Gymnocalcyium mihanovichii var Red cap). Kita akan berkenalan dengan Kaktus ini. Kaktus Kepala Merah termasuk jenis hasil persilangan.

Bentuk keseluruhan dari Kaktus ini agak berlainan dengan jenis – jenis yang terdahulu. Yaitu agak lebih bulat. Warnanya yang merah terang itu justru melebihi keindahan warna dari Kaktus sebangsanya.

Aerol – aerol yang terletak pada rusuk – rusuk di bagian yang pipih, letaknya tidak berbaris menuju ke bawah. Akan tetapi berkumpul membuat kelompok – kelompok aerol yang indah. Sehingga apabila kita melihat kaktus yang cantik ini dari atas, maka terjadilah bahwa bentuknya mirip dengan sebuah mahkota yang anggun.

Pada bagian pusat tempat keluarnya rusuk – rusuk, tepatnya di tengah – tengah, berwarna merah kekuning – Kuningan.

Untuk mendapatkan tumbuhan baru, tinggal memisahkan anak – anaknya ke tempat lain. Begitu seterusnya sehingga akan didapat sejumlah Kaktus – kaktus yang baru.

Akan tetapi perlu diingat bahwa demi kelangsungan hidupnya, kita perlu mendapatkan perakaran baru pada batang tempelan Kaktus ini.

Yaitu dengan jalan membuang bagian bawah yang berakar dari Kaktus penunjangnya. Kemudian membiarkan selama 2 Minggu dalam ruangan terbuka yang gelap sampai ajar barunya ke luar. Hal ini dilakukan setahun sekali. Pemotongan dan penyimpanan ini tidak merugikan tanaman kaktus itu.

Media tempat tumbuhnya juga harus diganti sekali setiap tahunnya. Untuk memberikan sumber kehidupan yang baru terhadap tanaman yang menahun ini.

Sumber : Flora Indonesia Kaktus, diterbitkan oleh P.T. (Persero) Gita Karya.

Cara menanam kopi dengan baik dan benar

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply