Pengetahuan umum

Kaktus Tugu dari Jenis Kaktus Escontria

Kaktus jenis Escontria chiotila memiliki bentuk menyerupai tugu. Dari bentuk inilah kaktus jenis ini dinamakan kaktus tugu.

Kaktus ini dengan ciri khasnya

Bila dilihat dari bentuk batangnya, Maka Kaktus Escontria chiotila ini seolah – olah merupakan sebuah tugu. Batang kaktus ini terdiri atas 8 rusuk. Warna batangnya hijau sampai hijau tua.

Pada siku rusuknya terdapat aerol. Pada setiap aerol terdapat duri radial atau duri yang tumbuhnya memancar sebanyak 8 sampai 16 duri. Duri radial ini cukup halus dan panjangnya setengah sampai dua sentimeter berwarna putih suram. Duri sentral atau duri yang tumbuhnya tegak terdapat satu sampai tiga pada setiap aerol. Ukuran duri sentral lebih panjang dibandingkan dengan duri radial. Warnanya lebih bersih.

Pada permukaan aerol atau alas duri terdpat bulu – bulu halus yang sangat pendek yang tumbuhnya sangat rapat. Bulu –bulu ini berwarna putih seperti kapas. Jenis kaktus ini bunganya hanya mekar pada malam hari. Bunganya berwarna putih.

Kaktus ini berasal dari Amerika Selatan. Tumbuh dengan baik pada tanah yang banyak mengandung humus. Berkembangbiaknya kaktus tugu ini dengan anakannya. Sedang untuk memperbanyaknya dapat dilakuakan dengan setek batang.

Sumber : Flora Indonesia Kaktus, diterbitkan oleh P.T. (Persero) Gita Karya.

Mari ketahui cara memperbanyak kaktus dengan penyemaian biji

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply