The Daily Journal

Kayu Kayu Yang Dapat Dijadikan Bahan Kertas

Kamu tentu tidak asing lagi ini dengan kertas. Tahukah kamu? Kertas terbuat dari kayu. Kayu apa saja yang dapat digunakan untuk membuat kertas?

Pada jaman ini kita belum bisa lepas dari kertas, karena kertas adalah salah satu media untuk menulis. Setiap hari pasti ada kertas yang digunakan baik untuk menulis, menggambar maupun untuk mainan kertas lipat. Hampir semua kalangan menggunakan kertas tiap harinya. Mulai dari kalangan anak – anak sampai orang tua.

Baca juga : Kehidupan Shakespeare (Penulis Drama Bahasa Inggris Terbaik di Dunia)

Untuk membuat kertas dibutuhkan bahan dasar dari kayu. Beberapa kayu dibawah ini adalah Kayu Kayu Yang Dapat Dijadikan Bahan Kertas:

1) Kayu Akasia

Mengapa Akasia? Karena serat dari kayu Akasia sangat cocok untuk dijadikan bahan pembuatan kertas. Selain itu, iklim di Indonesia juga membantu pertumbuhan pohon Akasia untuk tumbuh lebih cepat. Biasanya pohon Akasia dapat dipanen saat berumur 25 tahun sampai 50 tahun. Tetapi di Indonesia, pohon Akasia dapat dipanen setelah berumur 5 tahun. Pohon Akasia juga dapat tumbuh di seluruh wilayah Indonesia. Serat Akasia tidak hanya dimanfaatkan untuk bahan pembuat kertas, juga dimanfaatkan untuk bahan – bahan pembuat kardus.

2) Kayu Pinus

Kayu Pinus sering dipakai sebagai bahan dasar pembuatan kertas. Pohon Pinus tumbuh pada daerah yang beriklim sedang. Pohon ini banyak ditemukan di hutan milik perhutani. Perhutani membudidayakan Pinus untuk dimanfaatkn kayu dan getanya.

3) Pohon Papyrus

Pohon ini merupakan tanaman air yang terkenal sebagai bahan pembuat kertas pada jaman dulu. Meskipun begitu, sekarang masih ada kertas yang terbuat dari Papyrus. Papyrus banyak tumbuh di sungai – sungai pada Negara Afrika. Pohon ini dapat tumbuh di daerah lembab dan basah. Pada jaman dahulu, kulit- kulit halus Papyrus digunakan untuk membuat kertas.

4) Pohon Mullbery

Kertas yang terbuat dari pohon Mullbery adalahh kertas khaas Indonesia loh. Dulu disebut Daluang ( kertas berbahan dasar pohon Mullbery pada masa lampau Indonesia ) dan ternyata sudah digunakan sejak abad ke – 9. Kulit dari pohon inilah yang digunkan sebagai bahan dasar kertas daluang.

5) Batang Bambu

Batan bambu ternyata dapat digunakann sebagai bahana pembuat kertas loh teman – teman. Awal kertas dari bambu berasal dari Negeri Tiongkok. Di Indonesia sudah ada beberapa pabrik yang menggunaan bambu untuk membuat kertas. Sekarang pun bambu menjadi salah satu solusi alternatif bahan baku kertas. Bambu mudah tumbuh dengan cepat dan banyak sehingga tidak akan kesulitan untuk mencari bahan baku kertas.

Itu dia beberapa Kayu Kayu Yang Dapat Dijadikan Bahan Kertas.

Baca juga : View dan ViewGroup Pada Desain XML Aplikasi Android

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)