Josi Kie

Dasar Pemrograman Java 3

Dasar Pemrograman Java 3

Setelah belajar Dasar Pemrograman Java 2, kita akan belajar Dasar Pemrograman Java 3. Yang mana berisi materi dan praktek yang lengkap penjelasanya tentang looping (perulangan) dan array

Pedih

Pedih

Pagi ini indah ya…,
Sangat indah dan
Mentaripun begitu sangat
Cantik dan indah

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Android 10 dan Android Pie adalah rilis baru operating system Android. Android Pie rilis pada tahun 2018, sedangkan versi Android 10 rilis pada tahun 2019. Fitur – fitur pintar banyak bertambah. Untuk tahun 2019, Android 10 adalah versi Android terbaru meskipun belum semua smartphone dapat menggunakan operating system versi Android 10.

Java adalah bahasa pemrograman yang ajaib. Mengapa disebut ajaib? Itu semua karena bahasa pemrograman Java bisa dipakai untuk membuat program aplikasi untuk dekstop maupun smartphone.

Bagi kamu apalagi kamu yang tertarik dengan dunia pemrograman harus belajar Java. Mengapa demikian? Karena Java memiliki kelebihan – kelebihan sebagai bahasa pemrograman yang sifatnya menguntungkan bagi developer atau pengembangan program aplikasi Java.

Baca juga : Pengalaman Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris, Pare, Kediri

Bahasa Java memiliki motto WORA yaitu write once run anywhere, menulis program sekali dan dapat dijalankan dimana saja. Dengan kata lain, Java adalah bahasa pemrograman Multi-platform. Bahkan program aplikasi berbasis web bisa dibuat menggunakan Java.

Java bisa dibilang sangat mirip dengan bahasa C dan C++. Bagi kamu yang sudah pernah belajar bahasa C maupun C++, tidak akan sulit untuk belajar Java.

Berikut ini kelebihan – kelebihan bahasa pemrograman Java yang memungkinkan kamu harus belajar bahasa ini :

1) OOP (Objected Oriented Programming)

Dalam bahasa Indonesia, Objected Oriented Programming adalah pemrograman berorientasi objek. OOP berguna agar pemrogram atau developer dapat dengan mudah untuk membuat, mendesain, mengalokasi kesalahan dengan cepat, dan lebih terorganisir. Bahkan developer bisa mengembangkan program aplikasi Java dengan mudah. Sangat bagus bukan? Setiap tipe data yang ada pada Java diturunkan dari Object.

2) Bersifat Multi-platform

Salah satu sifat Java adalah Multi-platform. Sifat Java yang satu ini sangat disukai oleh banyak developer dan programmer. Bahasa Java dapat digunakan untuk semua platform. Mulai dari smartphone, web, dan dekstop. Atau bisa disebut universal. Disinilah WORA (Write Once Run Anywhere) berjalan, dimana program cukup ditulis sekali lalu dapat dijalankan dimana saja tanpa adanya perubahan.

3) Bersifat Dinamis

Struktur kode pada bahasa pemrograman Java yang telah dibuat, mudah untuk dikembangkan. Hal ini dikarenakan sifatnya yang dinamis sehingga dapat dikembangkan maupun dimodifikasi sesuai yang diinginkan. Bahasa ini didesain agar dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis.

4) Kesederhanaan

Jika kamu sedang belajar Java dan pernah belajar C++, Kamu akan menyadari bahwa bahasa Java tidak serumit bahasa berorientasi objek lainnya seperti C++. Kenapa bahasa Java disebut sederhana? Karena Java sudah banyak diperbaiki agar tidak merumitkan programmer sewaktu membuat program. Beberapa hal rumit telah dihilangkan, seperti multiple inheritance dan pointer.

5) Garbage Collection

Pada bahasa Java, programmer atau developer tidak harus menemukan cara untuk menempatkan kembali blok memori. Garbage Collection (Pengumpulan sampah otomatis) dihasilkan oleh pengaturan memori. Jadi programmer tidak perlu mengatur memori secara langsung.

Bagaimana? Yakin nih gak mau belajar Java? Selain kelebihan – kelebihan diatas, Java juga merupakan salah satu bahasa pemrograman terbaik untuk mengembangkan artificial intelligence di masa depan. Jadi jangan sampai kamu lewatkan ya.

Baca juga : Pengalaman Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris, Pare, Kediri

*diambil dari berbagai sumber

Sekian, terimakasih.