Josi Kie

Dasar Pemrograman Java 3

Dasar Pemrograman Java 3

Setelah belajar Dasar Pemrograman Java 2, kita akan belajar Dasar Pemrograman Java 3. Yang mana berisi materi dan praktek yang lengkap penjelasanya tentang looping (perulangan) dan array

Pedih

Pedih

Pagi ini indah ya…,
Sangat indah dan
Mentaripun begitu sangat
Cantik dan indah

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie

Android 10 dan Android Pie adalah rilis baru operating system Android. Android Pie rilis pada tahun 2018, sedangkan versi Android 10 rilis pada tahun 2019. Fitur – fitur pintar banyak bertambah. Untuk tahun 2019, Android 10 adalah versi Android terbaru meskipun belum semua smartphone dapat menggunakan operating system versi Android 10.

Hello gaes….. kali ini kita akan membahas tentang komentar pada C++. Bagaimana dan Apa itu komentar pada C++ akan kita kupas dibawah ini.

Komentar pada C++ disediakan sebagai pengingat. Komentar merupakan bagian dari kode program yang tidak ikut dibaca atau diterjemahkan pada saat proses komunikasi alias tidak ada informasi yang menunjukkan hasilnya. Hal ini diakibatkan oleh komputer yang mengabaikan segala sesuatu yang ada pada komentar.

Fungsi dari komentar pada kode – kode C++ adalah untuk menambahkan algoritma dan keterangan – keterangan yang diperlukan dalam program agar program mudah dipahami oleh kita maupun orang lain. Jadi dengan komentar, kita bisa menjelaskan apa yang ada pada kode dan apa perintah kode.

Komentar ( comments )

Pada C++ ada 2 jenis komentar, yaitu komentar hanya untuk satu baris dan komentar banyak baris

1) Komentar satu baris

Adalah komentar yang diawali dengan dua garis miring (//…). Komentar satu ini hanya bisa digunakan untuk satu baris saja. Jadi jika kamu ingin menulis komentar pada baris yang baru, kamu harus menuliskan Tanda dua garis miring (//) pada baris yang baru.

Cara menulisnya yaitu diawali dengan dua garis miring (//) lalu tulis apa yang perlu dijelaskan tentang kode yang sudah dituliskan. Komentar termasuk bagian kode tapi tidak muncul pada tampilan dilayar alias hanya ada di bagian kode saja.

Contoh komentar yang diawali dengan dua garis miring (//) :

Tampilan pada layar :


Lihat pada tampilan layar, bandingkan dengan pada kode. Komentar tidak muncul pada tampilan ke layar. Namun terlihat pada kode.

2) Komentar dengan banyak baris ( Multi – Line Comments )

Adalah komentar yang dapat memuat banyak baris. Beda dengan komentar satu baris yang hanya punya awalan, komentar satu ini memiliki awalan dan akhiran sekaligus. Untuk menulis komentar jenis ini pada kode programmu, kamu harus menulis tanda awalannya yaitu /*….. lalu setelah kamu menuliskan isi komentar, kamu wajib memberi akhirannya yaitu tanda */ menjadi /*……………..*/ . Fungsi komentar banyak baris adalah untuk menuliskan komentar tapi pada banyak baris alias nggak cuma satu baris saja, bisa untuk dua baris dan seterusnya. Cukup beri awalan dan akhiran, berapa baris pun isinya akan tetap bisa.

Contoh komentar banyak baris :

baris komentar pada contoh diatas adalah dua baris.

Tampilan dilayar :

Sama seperti hasil komentar satu baris, multi line comments juga tidak ditampilkan pada tampilan layar.

Untuk syarat peletakannya, disarankan ditaruh dibelakang kode yang sudah dituliskan pada tiap barisnya. Mengapa? Karena jika kamu menulis komentar dulu baru kodenya dalam satu baris, dari awal hingga akhir baris itu akan jadi komentar dan tidak akan ada yang muncul dilayar. Selain itu kamu juga bisa menulis komentar di baris kosong tanpa kode. Biasanya komentar yang ditulis di baris kosong tanpa kode digunakan untuk menjelaskan alur kode dibawah barisnya.

Satu lagi yaitu perlu diingat bahwa setiap operasi cout, kata apapun itu yang masuk dalam tanda “……..” akan ditampilkan ke layar. Jadi walaupun kamu sudah memakai tanda n meuliskan isi komentar di dalam tanda “……..” pada operasi cout tidak akan jadi komentar. Yang ada malah keluar ditampilan layar.

Terimakasih dan semoga bermanfaat:)