Macam – Macam Access Modifier di Java

Apa saja macam – macam access modifier di Java? Seperti apa macam – macam access modifier di Java? Bagaimana cara menggunakannya?

Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek. Di bahasa pemrogrman Java ada sesuatu yang disebut access modifier. Apa itu access modifier? Access modifier adalah hak akses untuk class, variabel, dan method. Apa saja kegunaannya? Untuk menjaga class, variabel, dan method agar hanya dapat diakses oleh object yang berkepentingan dan memiliki hak akses untuk mengaksesnya, menentukan tingkat akses suatu class, variabel, dan method. Dengan access modifier, kamu dapat menentukan level akses suatu class, variabel dan method.

Baca juga :
Cara Membuat Method di Bahasa Pemrograman PHP
Cara Membuat dan Menggunakan Objek di Java

Sederhananya kita menggunakan access modifier untuk menentukan siapa saja yang dapat mengakses suatu class, variabel, dan method yang kita buat. Ada 4 jenis access modifier di bahasa pemrograman Java, yaitu public, protected, no modifier, dan private. Keempatnya masing – masing memiliki perbedaan. Mari kita lihat tabel di bawah ini untuk mengetahui perbedaannya :

Macam – Macam Access Modifier di Java
Macam – Macam Access Modifier di Java

1. Public

Pada tabel di atas terdapat access modifier bernama public. Public adalah access modifier yang dapat diakses dari mana saja. Class, variabel, dan method yang diberi access modifier level public dapat diakses di dalam classnya sendiri. Class yang masih satu package, subclass atau class turunan dan class manapun dapat mengaksesnya. Contoh class, variabel, dan method yang menggunakan access modifier public :

2. Protected

Macam – Macam Access Modifier di Java

Pada tabel di atas terdapat access modifier bernama protected. Protected adalah access modifier yang memberikan hak akses kepada classnya sendiri, class yang masih ada dalam satu package, subclass atau class turunannya. Class atau file lain yang bukan turunannya dan yang bukan satu package tidak dapat mengaksesnya. Contoh class, variabel, dan method yang menggunakan access modifier protected :

3. No modifier

Macam – Macam Access Modifier di Java

Pada tabel di atas terdapat access modifier yang disebut no modifier. No modifier adalah access modifier default untuk class, variabel, dan method. Default yang dimaksud adalah ketika kita membuat class, variabel, atau method tanpa menambahkan access modifier public/protected/private. No modifier hanya memberikan hak akses kepada classnya sendiri dan class yang berada dalam satu package dengan classnya. Contoh class, variabel, dan method yang menggunakan access modifier default/no modifier :

4. Private

Macam – Macam Access Modifier di Java

Pada tabel di atas terdapat access modifier yang disebut private. Sama seperti arti kata private, hak akses yang diberikan oleh private hanya lingkup kecil, tidak seperti access  modifier lainnya. Private adalah access modifier yang memberikan hak akses hanya kepada classnya sendiri. Yang artinya apapun yang memiliki hak akses private hanya dapat digunakan di classnya sendiri. Contoh class, variabel, dan method yang menggunakan access modifier private:

Baca juga : Membuat Function atau Method Pada Bahasa Pemrograman Java

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)