The Daily Journal

Macam – Macam Agama Yang Umum di Indonesia

Macam – Macam Agama Yang Umum di Indonesia? Apa saja Macam – Macam Agama Yang Umum di Indonesia? Seperti apa agama tersebut?

Agama menjadi salah satu hal penting bagi manusia. Setiap agama memiliki ciri khasnya yang unik. Cara sembahyang pada setiap agama pun berbeda satu sama lain. Sekecil apapun perbedaannya, pasti memiliki perbedaan. Di Indonesia, kita diwajibkan untuk menganut agama agar terbukt ketakwaan pada Tuhan dan patuh pada anjuran agama. Memang kita berbeda, tapi hampir semua anjuran agama adalah hal yang baik

Baca juga :
Kebiasaan – Kebiasaan Aneh Yang Sering Dilakukan Kucing
Solusi Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Dari sejak SD, kita diajarkan bahwa Indonesia mengakui 6 agama sebagai agama yang umum dipeluk oleh orang – orang Indonesia. Diantaranya ada Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha, dan Khonghucu. Setiap agama memiliki kesamaan, yaitu percaya kepada Tuhan. Walaupun ada perbedaan dalam tata cara beribadah, tapi tidak meruntuhkan persatuan bangsa. Keberagaman ini akan menguatkan. Berikut ini penjelasan macam – macam agama yang ada di Indonesia :

1) Islam

Islam mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 7 Masehi atau 13 Masehi. Agama ini sudah menjadi agama yang paling banyak dianut oleh orang Indonesia. Pemuka agama pada agama Islam bisa disebut dengan Ustadz. Kitab sucinya Al Qur’an, Tempat beribadahnya adalah Masjid, hari – hari besar yang dirayakan oleh penganut agama Islam diantaranya Idul Adha, Idul Fitri, dan Isra’ Mikraj.

2) Kristen Protestan

Penganut agama Kristen Protestan di Indonesia lumayan banyak. Sekitar 16 juta orang di Indonesia menganut agama Kristen Protestan. Pemuka agama pada agama Kristen Protestan disebut dengan Pendeta, kita sucinya disebut Injil(Alkitab), Tempat beribadahnya disebut gereja, hari besar keagamaan yang dirayakan antara lain Natal, Paskah, dan Pantekosta. Cara beribadah agama Kristen Protestan agak mirip dengan cada beribadah agama Kristen Katholik.

3) Katholik

Selain Kristen Protestan, Juga ada Kristen Katholik yang juga banyak dianut oleh orang Indonesia. Pemuka agama Katholik disebut dengan Romo/Pastur, Kitab sucinya disebut dengan Injil(Alkitab), Tempat ibadahnya disebut dengan Gereja, dan hari besar keagamaan yang dirayakan antara lain Natal, Pantekosta, dab Paskah. Agama Katholik memiliki cara beribadah yang hampir mirip dengan cara beribadah agama Kristen Protestan. Namun, baik agama Katholik maupun Kristen Protestan, memiliki ciri khasnya masing – masing.

4) Budha

Agama ini berasal mula dari India dan disebarkan oleh para pedagang ke seluruh dunia. Agama Budha memiliki Biksu sebagai pemuka agamanya, Tripitaka sebagai kitab sucinya, Vihara sebagai tempat ibadahnya, hari besar keagamaan yang dirayakan antara lain Waisak dan Katina. Agama Budha adalah salah satu agama tertua yang ada di Bumi, agama ini sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu.

5) Hindu

Sama seperti agama Budha, agama Hindu berasal dari India. Penduduk Indonesia yang beragama Hindu mayoritas tinggal di Pulau Bali. Pemuka agamanya bisa disebut dengan Pinandita, bisa juga Wasi, kitab sucinya adalah Weda, tempat ibadahnya adalah Pura, dan hari raya keagamaannya yang dirayakan antara lain Pagerwesi, Nyepi, Saraswati, Galungan, dan Kuningan. Agama Hindu masuk ke Indonesia sudah sejak lama.

6) Khonghucu

Agama ini berasal dari daratan Cina. Sebutan lain dari Khonghucu adalah konfusius. Pemuka agama Khonghuci bisa disebut Bun Su dan Hak Su, kitab sucinya diantaranta Su Si, Wu Cing, Hau King, tempat ibadahnya di Klenteng, dan Hari raya keagamaan yang dirayakan adalah Imlek dan Cap Go Meh. Khonghucu termasuk salah satu agama tertua di Bumi. Khonghucu sudah ada sekitar ribuan tahun yang lalu.

Baca juga : Manfaat Bawang Putih Bakar Yang Harus Kamu Ketahui

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)