Josi Kie

Dasar Pemrograman Java (1)

Dasar Pemrograman Java (1)

Dasar bahasa pemrograman Java? Seperti apa saja ya? Kita akan memulai belajar bahasa pemrograman Java. Selamat, ini adalah langkah pertama untuk belajar bahasa pemrograman Java, setelah langkah instalasi pastinya. Belum melakukan langkah instalasi? Silahkan kunjungi...

Apa Itu Java API ?

Apa Itu Java API ?

Tahukah kamu? Java memiliki API yang dapat memudahkan kita mengembangkan sebuah aplikasi. Apa itu Java API? Kenapa kita butuh API? Mari simak dibawah ini. Baca juga : Java dan Sejarah Kehadirannya API adalah singkatan dari Application Programming Interface. Tujuan...

Java dan Sejarah Kehadirannya

Java dan Sejarah Kehadirannya

Tahukah kamu? Java adalah bahasa pemrograman ajaib yang dapat menghasilkan aplikasi pada dekstop, smartphone, smartwatch, TV, web, dan lainnya. Bahasa pemrograman Java sangat berguna bagi perkembangan teknologi di Bumi. Wah, hebatnya bahasa pemrograman satu ini....

Halo sahabat josikie, lulus SMA atau SMK nanti mau daftar kuliah jurusan apa nih? Sebelumnya kalian sudah pernah terpikirkan mau kulihat jurusan komputer nggak? Apakah kalian ingin mendalaminya?

Tamatan SMA maupun SMK dapat kuliah di jurusan komputer. Tergantung bakat dan minat seseorang apalagi bagi kamu yang jago fisika dan statistika maupun matematika,, cocok deh. Tentunya jurusan komputer akan membuat kamu berkutat dengan hal-hal yang berbau komputer. Eitss… Perlu diketahui, sebelum masuk kuliah harus sudah tahu sedikit gambaran tentang jurusan yang akan diambil. Jurusan komputer sendiri masih dibagi-bagi menjadi beberapa tergantung Universitas itu sendiri. Jangan sampai kamu salah jurusan hanya karena mengira ngira. Kuliah 4 tahun loh, bisa jadi neraka kalau kamu merasa salah jurusan. Apalagi jurusan komputer bisa dibilang tidak begitu mudah. biasanya yang masuk jurusan ini adalah orang-orang yang cukup cerdas. Ada beberapa kasus mahasiswa jurusan komputer yang merasa salah jurusan karena dugaannya salah. Mereka menduga dengan kuliah jurusan komputer akan mempelajari tentang desain tetapi ternyata tidak. Perlu kamu ketahui bahwa jurusan komputer dan jurusan desain itu berbeda.

Baca juga : Terciptanya Komputer Untuk Pertama Kali dan Sejarah Perkembangannya

Indonesia memiliki kurikulum bidang komputer yang mengacu dan mengadaptasi Computing Curicula. Tetapi Indonesia tidak mengadopsi secara mutlak. Sesuai Computing Curicula, jurusan komputer ada lima, yaitu :

1) Computer Engineering (CE),

2) Computer Science (CS),

3) Information Systems (IS),

4) Information Technology (IT),

5) Software Engineering (SE).

Sedangkan Indonesia mengadopsi kurikulum nya sehingga jurusan komputer dibagi menjadi tiga jurusan, yaitu :

1) Teknik Informatika atau Ilmu Komputer ( Computer Science )

Di jurusan ini kamu akan mempelajari mulai dari fondasi teoritis bagaimana merancang sebuah algoritma ( konsep dasar landasan pengembangan perangkat lunak ) sampai menerapkan algoritma tersebut untuk menghasilkan aplikasi seperti robotika, artifisial intelligence ( kecerdasan buatan ), bio – informatika dan semua hal – hal yang menarik untuk dipelajari. Mata kuliah jurusan ini banyak mengandung unsur logika dan matematika. Bagi kamu yang suka matematika cocok nih.

2) Teknik Komputer atau Sistem Komputer ( Computer Engineering )

Jurusan satu ini dapat menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang mana terjadi interaksi baik antara software atau hardware. hal yang akan kamu pelajari pada jurusan ini antara lain hardware, software, sistem komunikasi, dan seperti apa interaksi manusia dengan komputer. Fokus jurusan ini adalah perancangan dan membangun sistem berbasis komputer. jurusan ini dominan mempelajari hardware dan hanya mempelajari software yang berfokus kepada you sayang tertulis atau bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer.

3) Sistem Informasi atau Manajemen Informatika ( Information System )

Kamu yang akan masuk jurusan ini akan mempelajari kerangka bisnis dan manajemen selain mempelajari tentang software dan hardware. Lulus dari jurusan ini, kamu diharapkan mampu menganalisis kebutuhan ( requirement ) dan proses bisnis ( bussines process ), Serta mendesain sistem berdasarkan tujuan organisasi. Fokus pada jurusan ini adalah memberi solusi pengintegrasian sistem informasi untuk menghasilkan solusi pada bisnis, itulah mengapa di jurusan ini juga mempelajari manajemen dan bisnis. Mereka yang masuk jurusan ini bisa diibaratnya adalah jembatan penghubung antara programmer dengan perusahaan dan konsumen.

Bagaimana? Apakah kamu sudah tahu di mana tujuanmu? Pastikan jurusan tersebut cocok untukmu.

Baca juga : Terciptanya Komputer Untuk Pertama Kali dan Sejarah Perkembangannya

*Diambil dari berbagai sumber