The Daily Journal

Macam – Macam Kerupuk di Indonesia

Macam – Macam Kerupuk di Indonesia? Apa saja Macam – Macam Kerupuk di Indonesia? Bagaimana rasa kerupuk – kerupuknya?

Bagi kebanyakan orang Indonesia, kerupuk adalah makanan pendamping wajib pada saat makan nasi. Kriuk Kriuk dan rasanya yang menyatu dengan nasi sangatlah lezat. Apalagi kalau ditambah sambel, mantap. Kerupuk adalah makanan ringan kriuk kriuk yang terbuat dari tepung tapioka dan tepung lainnya. Cara pembuatan kerupuk juga sangat unik, adonan kerupuk yang sudah masak akan dipotong tipis – tipis lalu dijemur.

Baca juga :
Operating System Terbaru Android 10 dan Android Pie
Dasar Pemrograman Java 2

Kerupuk sudah ada dari dulu dan sudah dinikmati oleh banyak orang. Makan pecel rasanya kurang kalau tidak pakai kerupuk. Perjalanan kerupuk sangat panjang, hingga saat ini, banyak jenis – jenis Kerupuk yang bisa kamu nikmati. Kerupuk – kerupuk ini memiliki ciri khasnya sendiri. Rasa dari kerupuk juga bikin kangen, bahkan bisa bikin nagih loh. Apa saja Jenis – Jenis Kerupuk di Indonesia?

1) Kerupuk Udang

Kerupuk Udang adalah kerupuk favorit jutaan orang. Tapi sayangnya kerupuk ini tidak boleh dimakan oleh orang yang alergi udang karena bahan dari kerupuk ini mengandung udang. Di Indonesia banyak produsen kerupuk udang. Produsen kerupuk udang akan menitipkan kerupuk udang di toko – toko untuk dipasarkan ke pembeli. Sangat mudah untuk menemukan kerupuk udang, apalagi di daerah yang dekat laut.

2) Kerupuk Bawang

Bawang kalau dimakan memang rasanya aneh tapi kalau diolah, bawang bisa menjadi makanan yang gurih dan enak. Bawang bisa diolah menjadi kerupuk bawang. Rasanya gurih dan kriuk kriuk. Cocok dijadikan teman makan nasi. Rasa gurih pada kerupuk bawang tidak hanya dikarenakan bawang merah tapi juga dikarenakan santan yang menjadi salah satu bahan dari kerupuk bawang.

3) Kerupuk Melarat

Di Indonesia ada nih kerupuk yang tidak digoreng pakai minyak, namanya kerupuk melarat. Kalau tidak digoreng pakai minyak, pakai apa dong gorengnya? Pakai pasir. Wah emang bisa ya goreng kerupuk pakai pasir? Bisa dan kerupuknya lebih sehat daripada kerupuk yang digoreng pakai minyak. Kerupuk melarat adalah kerupuk khas Cirebon. Biasanya kerupuk melarat disajikan bersama sambal asam. Pakai pasir apa. Tidak kotor? Pasir yang digunakan tentunya sudah diproses agar layak digunakan untuk menggoreng kerupuk.

4) Kerupuk Ikan Tenggiri

Di daerah Probolinggo ke Timur sangat mudah untuk menemukan kerupuk ikan tenggiri. Biasanya kerupuk ikan tenggiri berbentuk bulat – bulat dan rasanya gurih dan enak. Cocok dijadikan lauk nasi dan camilan. Di Indonesia, kerupuk ini memiliki banyak penggemar. Seperti kerupuk lainnya, kerupuk ini memiliki kandungan vitamin karena ikan sebagai bahan pembuatan kerupuknya. Di Indonesia sudah banyak kota yang memiliki produsen kerupuk Ikan Tenggiri walau masih kecil – kecilan.

5) Kerupuk Putih

Kerupuk putih adalah kerupuk yang sangat terkenal di Indonesia. Hampir di seluruh warung di berbagai kota menyediakan kerupuk ini untuk teman makan. Bentuknya unik bulat dan keriting, seperti mawar. Bunyi krauk krauk pada saat makan kerupuk ini sangat sempurna. Warnanya putih dan kerupuk ini agak lebar. Dijual dengan cara dititipkan masaknya ke warung – warung nasi. Bahan utama kerupuk ini adalah tepung tapioka dan tepung terigu.

Itu dia lima kerupuk jenis kerupuk Di Indonesia. Masih banyak jenis kerupuk lainnya yang sangat lezat, namun 5 kerupuk diatas sangat umum dan banyak digemari.

Baca juga : Jurusan – Jurusan yang ada di SMK dan SMA

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)