Manajemen Waktu Dengan Matriks Eisenhower

Manajemen Waktu Dengan Matriks Eisenhower? Bagaimana cara Manajemen Waktu Dengan Matriks Eisenhower? Seperti apa bentuk matriks tersebut?

Dwight D. Eisenhower merupakan presiden Amerika Serikat yang ke 34. Eisenhower berkuasa selama 8 tahun dari tahun 1953 samlai 1961. Wakil presiden selama 8 tahun adalah Richard Nixon. Sebagai presiden, waktu yang dimiliki harus benar – benar di manajemen dengan baik untuk kepentingan negara. Beliau sangat – sangat pintar memanajemen waktu di hari – harinya yang sangat sibuk. Bahkan beliau disebut sebagai pakar manajemen waktu karena memiliki kemampuan dapat melakukan apa pun disaat perlu dilakukan.

Baca juga :
Hidup Lebih Bahagia Dengan Ikigai
Kesalahpahaman Umum Tentang Blockchain dan Bitcoin

Presiden Eisenhower dapat menentukan apa yang penting dan mendesak untuk dilakukam ataupun yang mendesak tapi tidak penting. Menurut beliau, banyak hal mendesak yang tidak begitu penting. Manajemen waktu yang baik membuat kita lebih tenang dan terpercaya. Kadang begitu banyak tindakan – tindakan yang akan kita lakukan. Bukan berarti tindakan – tindakan tersebut semuanya penting. Ada kalanya sebuah tindakan tidak penting. Sebab banyak hal – hal dalam hidup kita yang datang secara tiba – tiba maupun sudah kita rencanakan. Kita harus benar – benar tau bagaimana memperlakukan hal – hal atau tugas – tugas tersebut.

Ada 4 keadaan dan kategori pada hal – hal yang harus dilakukan, yaitu hal yang penting dan mendesak, hal yang penting tapi tidak mendesak, hal yang mendesak tapi tidak penting, dan hal yang tidak penting dan tidak mendesak. Presiden Eisenhower tau apa yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu yang mendesak dan penting. Kemudian muncullah Matriks Eisenhower . Matriks ini memiliki dua sumbu (sumbu y keatas dengan nilai Penting dan sumbu x ke kanan dengan nilai Mendesak seperti gambar di bawah) . Jika mendesak dan penting dikelompokkan ke kotak bagian atas kanan, jika penting tetapi mendesak dikelompokkan ke kotak bagian atas kiri, jika tidak penting dan tidak mendesak dikelompokkan ke bagian bawah kiri, jika mendesak tapi tidak penting delegasikan atau limpahkan ke orang lain. Sederhananya Matriks ini mengajarkan kita untuk menentukan yang mana yang mendesak dan yang mana yang penting.

Berikut ini gambar dari Matriks Eisenhower :

Manajemen Waktu Dengan Matriks Eisenhower
Manajemen Waktu Dengan Matriks Eisenhower

Matriks Eisenhower dapat kita terapkan pada kehidupan kita. Walaupun Presiden Eisenhower hidup di abad ke 20, Matriks Eisenhower masih dapat digunakan hingga sekarang. Matriks ini membantu kita mengelompokkan tugas atau hal – hal yang datang pada kita untuk dilakukan. Dengan Matriks Eisenhower , kita dapat menentukan tugas atau hal yang mana dikerjakan duluan dan tau kapan suatu hal atau tugas dikerjakan. Rencana kita lebih tertata dan kita dapat melakukan hal – hal atau tugas yang benar benar diperlukan pada saat diperlukan. Matriks Eisenhower mempermudah kita untuk mengambil keputusan mana yang lebih dulu dikerjakan dan mana yang akan dikerjakan nanti ataupun ditugaskan ke orang lain untuk dikerjakan oleh orang lain. Misalnya Anda harus menyumbang makanan jenis A dua hari lagi ke pesta pernikahan teman. Ini merupakan tugas baru untuk Anda. Jika dimasukkan ke Matriks Eisenhower, hal ini tidak begitu penting dan mendesak dibandingkan pekerjaan Anda yang mendesak dan sangat penting harus dilakukan. Mungkin menyumbang makanan jenis A tidak begitu penting bagi Anda, itu penting untuk teman Anda tetapi Anda disibukkan oleh hal – hal lainnya seperti pekerjaan. Dengan kesibukan yang super, tidak mungkin Anda memasak sendiri makanan jenis A. Maka Anda melimpahkan tugas tersebut ke orang lain (ke koki atau pesan ke restoran).

Baca juga : 5 Framework PHP Terpopuler Tahun 2021

Sumber : Krogeus, Mikael. Roman Tschäppeler. 2020. The Decision Book : Lima Puluh Pola Pemikiran Strategis. Jakarta Selatan: Penerbit Renebook.

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)