The Daily Journal

Manfaat Bawang Merah Yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat bawang merah yang harus kamu ketahui ? Apa saja manfaat bawang merah? Seperti apa manfaat bawang merah yang harus kamu ketahui ?

Bawang merah adalah sejenis rempah – rempah yang sering dijadikan bumbu masak di Indonesia. Rasa yang diciptakan oleh bawang merah adalah gurih dan sedikit pedas. Di Indonesia bawang merah bisa dicampur di bahan makanan atau ditaburkan di atas makanan untuk menambah kelezatan makanan. Diduga bawah ini berasal dari daerah Asia Tengah.

Baca juga :
Apa Itu Genius Learning?
Kegiatan Positif Yang Dapat Dilakukan Selama Masa Karantina

Daging maupun kulit bawang merah memiliki warna ungu kemerahan. Tekstur bawang merah terlihat mirip sekali dengan bawang bombay, mirip karena berlapis-lapis. Kandungan pada bawang merah antara lain vitamin C, kalium, folat, zat besi, dan kalsium. Yang lebih kerennya, bawang merah mengandung antiseptik dan senyawa ailih yang memiliki manfaat sebagai antimikroba.

Selain untuk makan, bawang merah memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat bawang merah :

1) Sebagai Bumbu Masakan

Tidak asing lagi kalau hampir setiap dapur di Indonesia menyimpan bawang merah. Bawang merah menjadi favorit karena bisa dijadikan sambal bawang, bawang goreng, bumbu sup, dan lain sebagainya. Bakso pun membutuhkan bawang merah untuk mempersedap rasanya.

2. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Berdasarkan penelitian Tim Ilmuwan dari University of Guelph, Kanada, bawang sangat bagus untuk menumbuh sel kanker. Bawang merah yang digunakan untuk penelitian adalah bawang merah Ruby Ring. Ruby Ring terbukti memiliki kandungan flavonoid dengan tingkat yang tinggi. Flavonoid bermanfaat bagi kesehatan.

3. Menghilangkan Jerawat

Bawang merah mempunyai sifat antibiotik, antiseptik, antibakteri, dan antiinflamasi. Yang mana dapat membuat kulit tidak infeksi. Kandungan yang terdapat pada bawang merah membuat bawang ini dapat dijadikan bahan untuk menyembuhkan jerawat. Tapi jangan terlalu serung ya karena bawang merah itu ada sedikit rasa pedasnya.

4. Mencegah Rambut Rontok

Bawang merah mengandung belerang yang bisa membuat rambut jauh dari kerontokan. Dengan bawang merah, rambut akan kuat dan sehat. Kamu bisa nih mewujudkan rambut kuat impianmu. Cara membuat bawang merah untuk perawatan rambut adalah jus bawang yang diambil air sarinya lalu aplikasikan ke kepala.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Bawang merah memang ajaib. Kandungan gamma-aminobutyric berupa neurotransmitter memberikan dampsk langsung bagi relaksasi otak. Selain itu, bawang merah mengandung piridoksin. Piridoksin dapat membuat saraf tenang dan mengurangi stres berlebih.

Ternyata banyak ya manfaat bawang merah. Bawang merah juga dapat diandalkan untuk kesehatan dan kecantikan. Bukan hanya untuk dapur.

Baca juga : Perempuan Wajib Berpendidikan dan Harus Sekolah!

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)