The Daily Journal

Manfaat Bawang Putih Bakar Yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat bawang putih bakar Yang Harus Kamu Ketahui ? Apa saja manfaat bawang putih bakar? Seperti apa manfaat – manfaatnya?

Kita biasa memanfaatkan bawang putih dengan cara dipotong atau digoreng. Pernahkah kamu berpikir bahwa bawang putih dapat memiliki manfaat jika dibakar? Bawang putih mudah didapatkan di Indonesia. Kita bisa membelinya di pasar ataupun toko toko kecil yang menyediakan kebutuhan memasak. Rasa gurihnya membuat setiap masakan terasa kurang jika tidak menggunakan bawang putih. Jika dimakan tanpa diolah, bawang putih terasa tidak enak, namun jika dibakar atau dipanggang rasanya akan lebih baik daripada dimakan tanpa diolah sama sekali.

Baca juga :
Jenis – Jenis Emas Berharga
Manfaat – Manfaat Emas (Logam Mulia Yang Sudah Dipakai Manusia Sejak Zaman Dahulu)

Bawang putih adalah salah satu tanaman yang umbinya sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Tanaman ini sudah digunakan oleh manusia lebih dari 7000 Tahun lamanya. Manusia memanfaatkan bawang putih dengan berbagai cara. Salah satunya dengan cara dibakar. Apa manfaat bawang putih bakar? Berikut ini manfaat bawang putih bakar yang harus kamu ketahui :

1. Mengobati Sakit Demam

Bawang putih bakar dapat mengobati Sakit Demam loh. Baru tau kan? Kenapa bawang putih bakar dapat mengobati demam? Karena bawang putih bakar mengandung vitamin C. Vitamin C mempunyai peran membantu tubuh untuk meredakan sakit demam. Memang perannya dalam meredakan sakit demam tidak sebanyak jeruk, vitamin C yang terkandung didalam bawang putih bakar mungkin tidak memiliki peran yang besar karena kandungan vitamin C nya yang tidak seberapa.

2. Menjaga dan mengontrol kadar kolesterol

Bawang putih bakar dapat menjaga kadar kolesterol agar terbatas dan mengontrolnya agar tidak melebihi. Kolesterol datang dari berbagai makanan berminyak dan berlemak. Kolesterol yang dihasilkan karena banyak makan makanan yang berminyak dan berlemak adalah LDL atau kolesterol jahat. Kenapa kadar kolesterol perlu dijaga dan dikontrol? Karena jika melewati batasnya akan menimbulkan banyak penyakit dalam. Seperti asam urat, penyakit jantung, dan sebagainya.

3. Menjaga dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bawang putih bakar dapat mencegah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Secara alami, bawang putih memiliki sifat antibakteri. Bawang putih dapat melawan bakteri – bakteri sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, bawang putih dapat meningkatkan imunitas tubuh.

4. Membunuh Bakteri Jerawat

Bawang putih bakar juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.  Jerawat diakibatkan oleh bakteri jenis propionibacterium acnes . Pada dasarnya bawang putih dapat membunuh bakteri. Selain itu, bawang putih bakar juga dapat mengobati luka – luka kecil sehingga dapat mencegah infeksi pada kulit.

Nah itu dia manfaat – manfaat bawang putih bakar. Tidak disangka bumbu dapur ini memiliki manfaat yang banyak ketika sudah di bakar. Rasa bawang putih bakar lebih baik daripada bawang putih mentah.

Baca juga : Jenis – Jenis Kepiting Yang Dapat Dikonsumsi

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)