The Daily Journal

Manfaat Bawang Putih Yang Perlu Diketahui

Manfaat Bawang Putih Yang Perlu Diketahui ? Apa saja manfaat bawang putih? Bagaimana Manfaat Bawang Putih Yang Perlu Diketahui ?

Tidak hanya bawang merah yang mempunyai banyak manfaat. Bawang putih juga mempunyai banyak manfaat. Kedua rempah-rempah ini sering dijadikan bumbu masakan. Bawang putih memberikan dan menambah rasa gurih pada masakan.

Baca Juga :
Manfaat Bawang Merah Yang Harus Kamu Ketahui
Tips dan Trik Berbisnis Online

Bawang putih adalah salah satu tanaman yang umbinya sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Tanaman ini sudah digunakan oleh manusia lebih dari 7000 Tahun lamanya. Bawang putih terkenal sebagai bumbu masakan tetapi nyatanya manfaat bawang putih bukan hanya sebagai bumbu masakan. Apa saja manfaat bawang putih? Berikut ini manfaat – manfaat bawang putih :

1) Sebagai Bumbu Masakan

Warga Indonesia tentu tidak asing dong sama masakan yang dibumbui bawang putih. Pasalnya hampir semua masakan bumbunya bercampur dengan bawang putih. Biasanya bawang putih diiris tipis-tipis, dimemarkan, dan diparut untuk dijadikan bumbu masakan, bahkan ada yang dikeringkan. Masakan yang dibumbui bawang putih di antaranya nasi goreng, sambel, dan lain sebagainya.

2) Menghilangkan Jerawat

Kenapa bawang putih dapat menghilangkan jerawat? Bawang putih mengandung allicin dan thiacremonon yang membuat bawang putih dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, menyembuhkan jerawat, dan mengurangi peradangan jerawat. Wah ternyata bahan yang sering dibuat masak memiliki manfaat bagi kecantikan kulit.

3) Mencegah Penuaan Dini

Yang lebih spesial dari bawang putih adalah kegunaannya untuk mencegah penuaan dini. Senyawa aktif bersifat antioksidan yang terkandung dalam bawang putih membuat bawang putih dapat mencegah penuaan dini. Bawang putih dapat dijadikan masker wajah. Caranya adalah menerapkan jus bawang putih wajah.

4) Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang putih mentah menjaga kesehatan jantung dengan cara menghalangi terbentuknya enzim di organ hati sehingga kadar kolesterol jahat LDL dapat menurun. Selain itu, bawang putih memiliki kemampuan untuk mencegah darah menggumpal sehingga sirkulasi darah lebih lancar. Jantung memompa darah keseluruh tubuh. Oleh karena itu, darah harus mengalir dengan lancar. Penggumpalan darah dapat membuat peredaran darah tidak lancar dan dapat memicu penyakit jantung dan lainnya.

5) Mengobati Pilek

Pilek terjadi karena terinfeksi virus influenza. Ciri-ciri sakit pilek adalah demam, batuk, sakit tenggorokan, dan lainnya. Senyawa allicin yang terkandung pada bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Virus tidak mempan bagi tubuh yang memiliki kekebalan yang kuat. Dengan kekebalan tubuh yang kuat, virus yang terdapat dalam tubuh sangat mudah.

Baca juga : Laptop Spek Dewa Masa Kini

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)