Manfaat Bunga Calendula Untuk Kulit Wajah

Apa saja manfaat bunga calendula untuk kulit wajah? Mengapa bunga calendula dapat menjadi bahan perawatan kulit wajah?

Sejak jaman dahulu bunga dipercaya dan digunakan untuk bahan perawatan kecantikan seperti mawar dan melati. Selain mawar dan melati, banyak bunga lainnya yang dapat dijadikan bahan perawatan kecantikan, contohnya Calendula. Calendula adalah bunga yang berasal dari Eropa Selatan. Warnanya kuning sampai oranye cerah. Bentuk bunga ini sangat cantik dan enak dipandang mata.

Baca juga :
Manfaat Susu Untuk Kecantikan Kulit Yang Sehat
Manfaat Delima Untuk Kulit Wajah (Pomegranate)

Siapa sangka dibalik kecantikannya, bunga ini bersifat anti-viral. Eits… bukan ga bisa viral. Apa itu anti-viral? Anti-viral adalah kemampuan melemahkan dan membunuh perkembangan virus. Pemanfaatan Calendula pada bidang kecantikan diantaranya dipakai untuk krim wajah, toner, sheetmask, dan lainnya. Mari kita simak manfaat – manfaat bunga Calendula untuk kulit wajah di bawah ini :

1) Mengatasi dan Mencegah Jerawat

Jerawat sangat mengganggu penampilan sehari – hari. Calendula dapat mengatasi dan mencegah jerawat. Banyak cara – cara untuk menggunakan Calndula agar jerawat teratasi. Coba gunakan masker berbahan calendula secara konsisten seminggu sekali. Bisa juga menggunakan krim maupun toner yang mengandung calendula.

2) Melindungi dari Sinar Matahari

Sinar matahari dapat merusak kulit, membuat bintik – bintik coklat bermunculan di kulit wajah. Menurut studi laboratorium di Journal of Young Pharmcist, minyak Calendula mempunyai sifat SPF. Minyak Calendula dapat dijadikan sebagai campuran krim. Tetapi Calendula dapat dimanfaatkan menjadi tbair surya masih membutuhkan penelitian lebih lamjut.

3) Mengurangi Peradangan

Calendula dapat mengurangi peradangan pada kulit. Hal ini dikarenakan Calendula mengandung senyawa antioksidan dan anti radang. Yang mana dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Peradangan seperti ruam popok diyakini dapat diobati dengan Calendula.

4) Mencegah Penuaan dini Pada Kulit

Siapa yang tidak mau awet muda? Semua pasti menginginkan kulit kencang yang tampak awet muda bukan awet tua. Calendula dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Mengapa Calendula dapat mencegah penuaan dini pada kulit? Karena Calendula mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Paparan radikal bebas dapat membuat kulit mengalami penuaan dini, antiosidan yang tinggi dapat melindungi kulit wajah dari paparan radikal bebas.

5) Melembabkan Kulit

Kulit kering dapat menimbulkan banyak masalah seperti  gatal, iritasi, dan jerawat. Kelembaban kulit tentu harus dijaga jika ingin awet muda. Minyak Calendula dapat melembabkan kulit wajah. Tidak harus langsung menggunakannya dalam bentuk minyak, kamu dapat menggunakan skincare berbahan Calendula.

Baca juga : Manfaat Blueberry Untuk Kulit wajah

*diambil dari berbagai sumber

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)