Manfaat dan Keuntungan Menggunakan SQLite

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan SQLite? Apa saja Manfaat dan Keuntungan Menggunakan SQLite? Seperti apakah manfaat kegunaannya? Mengapa SQLite?

Di dunia developer Android, SQLite merupakan sebuah keharusan untuk dipelajari karena kehidupan aplikasi di zaman ini tidak pernah jauh dari data. Walaupun hanya menyimpan notes saja. Data sangat penting dan kita tidka ingin data yang user simpan di aplikasi hilang begitu aplikasi ditutup. Solusinya menggunakan database untuk tetap menyimpan apa yang user simpan daripada menggunakan variabel untuk menyimpan. Variabel akan membuang memori pada saat aplikasi terdestroy, namun data pada database tetap tersimpan walaupun aplikasi terdestroy. Sambil lalu kamu udah mengerti kenapa kita harus pakai database saat membangun sebuah aplikasi. Android didukung oleh library dan komponen SQLite yang memudahkan kita untuk memakai database SQLite.

Baca juga :
Perintah Dasar CRUD MySQL
View dan ViewGroup Pada Desain XML Aplikasi Android

Apa itu SQLite? SQLite sebenarnya memiliki perintah queri yang sama seperti bahasa SQL lainnya seperti MySQL, hanya saja SQLite adalah versi lebih ringannya. SQLite adalah database berukuran terbatas. Oleh karena itu, SQLite ini lebih cocok ke aplikasi mobil atau Android. Mengapa SQLite ringan? Karena file SQLite hanya terdiri dari beberapa file saja, tidak seberat sistem manajemen database lainnya. Mesin server database SQLite bukan termasuk client-server seperti database lainnya. Manfaat SQLite tentunya terutama untuk Android. Berikut ini manfaat dan kegunaannya di dunia developer :

Sebagai Media Penyimpanan

SQLite adalah database. Database dapat menyimpan ribuan data yang disimpan. Data – data tersebut dapat didapatkan dari aplikasi Android ataupun ingin ditampilkan ke aplikasi Android tertentu. Tugas utama dari SQLite adalah menyimpan data dengan baik. Jika kamu memiliki data terstruktur yang perlu digunakan, SQLite adalah jawabannya. SQLite ini juga bisa menolong kamu mengambil data dari cloud lalu disimpan oleh SQLite loh.

Bisa dipanggil menggunakan bahasa pemrograman

Kita dapat memanggil API SQLite secara langsung melalui bahasa pemrograman seperti Java di Android, salah satu kode untuk memanggil SQLite di Android adalah SQLiteDatabase. Pada Android, table dan kolom pada SQLite disimpan berbentuk file Java. Tidak merepotkan karena bukan client-server yang mengharuskan kita mengakses XAMPP atau Postgre. Kenapa SQLite bukan client-server? Karena di sistem yang kita gunakan sudah tertanam mesin database SQLite.

Dapat digunakan secara gratis

SQLite bukanlah database yang mengharuskan kita membayar karena gratis. SQLite ini merupakan produk yang public domain, yang berarti tidak memiliki lisensi. Kamu boleh boleh saja ambil source codenya dengan gratis untuk membuat sebuah aplikasi komersial maupun tidak. Jadi kamu tidak perlu berpikir berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk database. Memang SQLite terbatas tapi ruangnya sangat banyak.

Baca juga : Preview Smartphone Gaming ASUS ROG Phone 3 – The Ultimate Winner

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat:)